Platform Streaming Game Twitch Diblokir di China dengan Alasan Tak Jelas

setgfests

Twitch tentunya menjadi salah satu platform utama penyiaran video game di hampir seluruh dunia. Entah untuk melakukan streaming ataupun hanya menonton siaran streaming dari user lainnya. Apalagi beberapa perhelatan turnamen game utama dunia menjadikan Twitch sebagai media partner resmi penyiaran turnamen-turnamen mereka. Namun kelihatannya para gamer di China tidak dapat lagi menggunakan Twitch karena secara resmi diblokir penuh disana oleh pemerintah setempat.

Dikabarkan oleh BBC Twitch tidak lagi dapat diakses di China sejak tanggal 20 September 2018 lalu bersamaan dengan dihapusnya aplikasi Twitch dari Apple Store. Padahal beberapa waktu lalu Twitch menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh terutama ketika perhelatan Asian Games Indonesia kemarin dilaksanakan dan turnamen untuk eSport hanya disiarkan lewat Twitch. Ia bahkan langsung naik menjadi aplikasi gratis ke-3 yang paling banyak di China.

Anehnya pihak Twitch tidak membeberkan secara jelas alasan mengapa aplikasi dan layanan mereka tidak lagi beroperasi di China. Namun dari beberapa hipotesa yang muncul seperti dikutip media The Verge bahwa apa yang dilakukan oleh Pemerintah China ini merupakan pola protokol standar mereka dimana mereka akan segera mem-ban media dari barat yang terlihat berkembang pesat di sana.

Hal serupa sebelumnya memang sudah pernah terjadi ke beberapa media sosial seperti Facebook dan Twitter. Kelihatannya China ingin para warganya menggunakan layanan streaming lokal yang ada disana seperti Panda TV dan Douyu. Bagaimana menurutmu apakah langkah Pemerintah China ini berlebihan atau memang seharusnya seperti itu?

Exit mobile version