Platinum Games Berencana Membuat Badan Publishing Sendiri

Platinum Games 10 Year Wallpaper
Mereka berencana untuk “berdiri sendiri”.

Jika ditanya tentang salah satu developer Jepang yang sangat piawai membuat game action dengan kualitas yang sangat baik, maka menjadikan PlatinumGames sebagai salah satu jawaban merupakan hal yang tepat. Sepak terjang mereka selama kurang lebih 11 tahun memang patut diacungi jempol. Hal ini terbukti dengan kesuksesan seri Bayonetta dan NieR: Automata dengan kualitasnya yang sangat baik. Namun sayang, game-game tersebut masih dimiliki oleh publisher lain dan mereka tak bisa mengubahnya dengan sesuka hati. Kabar baiknya, kini mereka masih berusaha untuk membuat badan publishingnya sendiri.

Berbicara dengan GameInformer, Kepala Development dan Produser PlatinumGames, Atsushi Inaba mengatakan bahwa saat ini mereka masih aktif mencari cara agar mereka bisa mempublish gamenya sendiri. Ia mengaku bahwa saat ini mereka telah menerima lebih dari 70 desain game baru dari banyak staff internalnya, namun kemudian mereka saring menjadi dua desain yang ingin mereka kejar di masa mendatang. Hal ini semata-mata dilakukan demi miliki IP original buatan mereka sendiri.


Game terbaru PlatinumGames, Bayonetta 3 yang akan dirilis secara eksklusif hanya untuk Nintendo Switch

Sementara untuk skala gamenya sendiri, Inaba mengaku bahwa mereka tak sanggup membuat game AAA karena modal mereka yang tak sebesar publisher lain yang sanggup membayar $10 juta lebih untuk sebuah game AAA. Karena rencana awal mereka membuat game dengan kurang lebih 20 orang saja, maka mereka hanya akan fokus untuk kerjakan game dengan skala di antara game indie dan AAA.

Inaba memastikan bahwa, perubahan yang mungkin terjadi pada PlatinumGames di masa mendatang dengan badan publishingnya sendiri takkan menurunkan kualitas game yang mereka buat. Mereka juga akan tetap menerima pekerjaan dari publisher lain, karena tak bisa menggantungkan pada penghasilan IP original mereka saja. Bagaimana menurutmu? Apakah PlatinumGames sebaiknya berdiri sendiri atau tetap seperti saat ini? Atau mungkin kamu setuju dengan pernyataan Inaba?

Exit mobile version