Platinum Games Berharap Bisa Kembali Kembangkan Proyek Scalebound yang Dibatalkan Microsoft

in , ,

Scalebound, game yang seharusnya jadi salah satu eksklusif besar Xbox One, dibatalkan 3 tahun yang lalu. Rasa sakit dari pembatalan proyek ini masih dirasakan oleh fans dan juga sejumlah developer yang ada di Platinum Games. Meskipun sudah tidak aktif dikembangkan lagi, developer dibalik Bayonetta dan Nier Automata masih miliki aspirasi untuk selesaikan proyek tersebut.

Dengan pengumuman port Switch, PC dan PS4 dari Wonderful 101 lewat kickstarter, fans bertanya-tanya apakah kemungkinan serupa dapat terjadi pada Scalebound. Melihat Wonderful 101 yang merupakan IP Nintendo bisa lepas kembali ke tangan mereka, maka mungkin saja Scalebound bisa dikembangkan secara independen? Sayangnya itu tidaklah semudah yang kita kira.

Lewat wawancara bersama Eurogamer, Atsushi Inaba – produser dari Platinum Games – jelaskan bahwa Scalebound saat ini masih menjadi IP milik Microsoft secara keseluruhan, maka keputusan untuk dapat lanjutkan pengembangan game sepenuhnya ada di tangan Microsoft. Inaba akui bahwa dirinya benar-benar jatuh cinta akan proyek game tersebut, dan jika diberi kesempatan lagi, dia ingin bisa selesaikan pengembangan Scalebound hingga rampung.

“Apapun yang terjadi pada proyek ini, kami tidak dapat melakukan apa-apa kecuali Microsoft meninggalkan kami,” tutur Inaba kepada Eurogamer.

Bahkan jika Scalebound diberi kesempatan kedua, Platinum Games akan kesulitan untuk kembangkan game tersebut. Mereka saat ini tengah dalam jadwal yang sangat padat. Studio asal Jepang ini tengah kerjakan Bayonetta 3, Babylon’s Fall, port Wonderful 101, dan beberapa proyek lain yang belum diumumkan.

Untuk sementara, nasib dari Scalebound masih menjadi tanda tanya besar. Platinum Games mungkin masih tertarik untuk lanjutkan progres terakhir mereka, tetapi Microsoft mungkin miliki rencana lain dengan IP tersebut.


Baca pula informasi lain terkait Platinum Games, beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.