PlayerUnknown’s Battlegrounds akan Selesai dalam Waktu 6 Bulan

PUBG
PlayerUnknown’s Battlegrounds akan segera keluar dari “zona nyaman”.

PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) lahir dari sebuah mod DayZ untuk Arma 2 dengan fitur King of the Kill milik H1Z1 hingga akhirnya menjadi game standalone. Kesuksesan PUBG banyak mengundang keraguan, akankah game ini menjadi game “Early Access Forever” atau segera berakhir dan menjadi game yang telah selesai dikerjakan.

Melalui wawancara dengan Rock Paper Shotgun, keraguan ini dijawab oleh PlayerUnknown sendiri bahwa mereka akan keluar dari status early access dalam enam bulan. Ia berjanji akan selesaikan game ini dalam waktu singkat sebagai rasa terimakasihnya kepada semua komunitas yang mendukungnya.



Janji yang mereka sampaikan memang tidak bisa diselesaikan oleh developer DayZ dan H1Z1, meski begitu PlayerUnknown tidak lupa darimana ia berasal. Ia mengatakan bahwa ia dan 40 orang programmernya bisa bekerja lebih cepat berkat Unreal Engine buatan Epic Games, sementara kedua developer tersebut bekerja menggunakan engine milik mereka sendiri yang lebih sulit  dan lama dikerjakan dibandingkan menggunakan Unreal Engine.

Menurut saya ForgeLight engine (yang digunakan H1Z1, red) adalah game engine berumur 10 tahun. Dan sekarang, mereka meningkatkan kemampuan engine ini sejak pertamakali digunakan sama seperti engine milik Arma yang berusia 15 tahun. Sekarang studio DayZ sedang membuat game engine baru dan tentunya akan memakan waktu yang lebih lama lagi. Situasi ini tidak dimengerti oleh banyak orang, dan mereka mendapat banyak cacian berkat hal tersebut. Saya hanya mencoba untuk meluruskan permasalahan yang terjadi semampu saya. Begini lho, mereka akan merampungkan gamenya. Perusahaan seperti mereka tidak akan membuang game buatannya begitu saja. Banyak orang yang mengatakan ‘oh, DayZ tidak akan pernah rampung dikerjakan’, mereka akan merampungkannya.

Kepercayaan diri dan kerendahan hati PlayerUnknown cukup bisa diacungi jempol, namun apakah mereka benar-benar berhasil menyelesaikan gamenya selama 6 bulan dan keluar dari “zona nyaman” early access? Kita tunggu saja.

Exit mobile version