PlayStation 5 Akan Meluncur di Akhir Tahun 2020

playstation

Sudah berkali-kali dikabarkan bahwa PlayStation 5 berada dalam pengembangan semenjak beberapa tahun lalu, kini Sony Interactive Entertainment akhirnya resmi mengumumkan bahwa konsol next-gen tersebut akan meluncur pada akhir tahun 2020.

Selain itu, Sony juga bagikan sedikit detail baru tentang controller baru yang akan hadir bersamaan dengan PlayStation 5. Belum jelas apakah akan dipanggil sebagai DualShock 5 sebagai generasi lanjutan dari DualShock sebelumnya, namun Sony menjelaskan bahwa ada dua inovasi baru yang menarik.

Pertama adalah Sony akan mengimplementasikan haptic feedback, atau mungkin sering dikenal sebagai getaran yang terjadi pada kontrolermu saat melakukan atau menerima suatu aksi. Memang bukan sesuatu yang cukup baru, namun Sony menjelaskan bahwa getaran-getaran tersebut akan memiliki rasa yang berbeda-beda. Menabrak dinding saat balapan misalnya, akan memiliki getaran yang berbeda seperti ke tackle saat bermain bola.

Kedua adalah addaptive triggers, yang diimplementasikan pada trigger buttons L2 dan R2. Para developer kini dapat memprogram ketahanan tombol tersebut untuk berbagai situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Pemain nantinya bisa merasakan sensasi yang berbeda saat menekan tombol tersebut, misalnya, sensasi saat membidik menggunakan busur akan terasa berbeda ketika ngebut melewati jalanan bebatuan. Mudahnya, nantinya akan ada dorongan kuat yang akan menahan jarimu saat menekan penuh tombol tersebut. (red)

Menggabungkan haptic feedback dan adaptive trigger ini, controller baru untuk PlayStation 5 tersebut diyakinkan akan memberikan pengalaman bermain yang lebih immersive lagi daripada DualShock sebelumnya ataupun controller lainnya.

Detal-detail lainnya terkait keseluruhan PlayStation 5 akan diumumkan dalam setahun ke depan. Sambil menunggu, Sony berharap bagi para fans untuk menikmati terlebih dahulu beberapa game untuk PlayStation 4, seperti Death Stranding, The Last of Us Part II, dan Ghost of Tsushima.

Sumber: PlayStation Blog


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game PlayStation 5 atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version