PlayStation 5 Tengah Kerjakan Fitur Main Game PS4; Siap Hadirkan Blu-Ray 4K

in
image courtesy, hypebeast.com
Kamu akan bisa mainkan game lawas di PS5.

Sejak pengumuman resmi Sony Interactive Entertainment akan kehadiran PlayStation 5, fans berbondong-bondong mencari tahu apa saja yang bisa mereka dapatkan dari mesin video game baru asal Jepang tersebut. Sejauh ini, beberapa fitur yang telah kita ketahui adalah SSD khusus, raytracing, 4K, fitur getar baru, assistant, UI hingga nama resminya saja. Sementara rumor akan kehadiran backward compatibility atau kemampuan untuk memainkan game lawas belum dikonfirmasikan oleh Sony. Kabar baiknya, sepertinya fitur tersebut memang telah dipersiapkan oleh mereka.

Menurut artikel dari Famitsu Jepang, fitur backward compatibility untuk PlayStation 5 saat ini tengah dikerjakan. Namun hal ini belum dikonfirmasikan bahwa mesinnya akan bisa memainkan 100% game PlayStation 4. Sony sendiri mengatakan bahwa tim mereka tengah berusaha untuk bisa melakukan 100% backward compatibility untuk game-game PlayStation 4. Mereka memang tengah berusaha untuk melakukannya, namun masih belum yakin bahwa semua judul PlayStation 4 akan bisa dimainkan di console teranyarnya tersebut.

Menurut wawancara Wired dengan Mark Cerny, designer sekaligus mekanik PlayStation 4 pada bulan April silam. PlayStation 5 akan miliki fitur backward compatibility berkat arsitekturnya yang mirip dengan PlayStation 4. Sayangnya hal tersebut belum dikonfirmasikan, perwakilan Sony hanya mengatakan bahwa kita harus menunggu informasi selanjutnya. Hari ini, hal tersebut akhirnya menjadi kenyataan meskipun Sony sendiri masih belum yakin bahwa mereka akan bisa melakukannya 100%.

Selain informasi tersebut, Sony juga konfirmasikan bahwa drive Blu-Ray 4K akan disematkan ke console baru PlayStation 5. Ya, Sony masih mempertahankan versi fisik bahkan untuk tahun 2020 mendatang yang mana nyaris semua game tengah bertransisi ke versi digital. Menurut Mark Cerny yang mengatakan kepada Wired, drive ini akan bisa memainkan Blu-Ray 4K yang berarti kemungkinan consolenya akan bisa memainkan film dalam bentuk fisik Blu-Ray disc.

Sony sendiri mengkonfirmasikan bahwa PlayStation 5 sendiri akan dirilis akhir tahun 2020 mendatang. Kami akan terus mengupdate beritanya jika Sony telah siap menjelaskan apa saja fitur yang akan dimiliki mesin barunya tersebut.

contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]