Playstation 5 vs Xbox Series X. Konsol Next-Gen Mana yang Lebih Patut Ditunggu?

in , , , ,

Sony akhirnya membuka sedikit tabir tentang konsol next-gen mereka Playstation 5. Meskipun pengumumannya tidak sesuai dengan apa yang mungkin mayoritas gamer bayangkan, dan tidak banyak hal yang dibuka dari konsol PS5 tersebut. Namun setidaknya Sony akhirnya mau menunjukkan apa saja spesifikasi dari konsol mereka selanjutnya tersebut.

Meskipun bentuk fisiknya masih belum terungkap, tapi akhirnya kini kita dapat men-duelkan dua konsol next-gen yaitu Xbox Series X yang sudah diumumkan terlebih dahulu beberapa bulan lalu dengan Playstation 5. Kira-kira siapa yang akan menang secara spesifikasi di atas kertas? Mari kita coba bandingkan!

Spesifikasi Mesin

Keduanya baik Xbox maupun Playstation menggunakan processor dengan jenis yang sama yaitu AMD Zen 2 8-core dengan dukungan grafis Navi yang memang dibuat khusus untuk konsol. Perbedaan antara keduanya terletak pada kecepatan processor keduanya dimana Playstation 5 mencapai 3,5 Ghz sedangkan Xbox Series X sedikit unggul dengan dapat mencapai kecepatan 3,8 Ghz. Secara perhitungan Xbox Series X memang menang, namun perlu diingat bahwa nantinya tidak semua game mampu mengoptimalisasi kemampuan yang ada.

Perbedaan lain dari keduanya yang mungkin dirasa signifikan adalah kemampuan pengolahan grafis dari kedua konsol ini. Meskipun mengusung GPU yang sama, GPU AMD RDNA 2 milik Playstation 5 mampu beroperasi hingga 10,3 teraflops sedangkan Xbox Series X mencapai 12 teraflops. Teraflops sendiri merupakan ukuran berapa banyak operasi per detik yang dapat dieksekusi oleh perangkat. Sama dengan processor, perbedaan yang mungkin terasa signifikan antara keduanya akan tergantung seberapa optimal gamenya nanti.

Penyimpanan yang kini telah menggunakan SSD juga mungkin menjadi perbandingan yang terlihat dari keduanya. Karena Playstation 5 menggunakan custom SSD sebesar 825 GB sedangkan Xbox Series X menggunakan custom NVMe SSD dengan ukuran lebih besar yaitu 1 TB.

Meskipun berukuran lebih besar, kecepatan transfer data Xbox Series X ternyata kalah dari Playstation 5. Karena kecepatan transfer data di Xbox mencapai 2.4gB/s (Raw), 4.8GB/s (Compressed) sedangkan PS5 bisa mencapai 5.5GB/S (Raw), 8-9GB/S (Compressed).

Untuk sementara berikut adalah perbandingan spesifikasi antara Playstation 5 melawan Xbox Series X:

FITURPLAYSTATION 5XBOX SERIES X
CPU8-core 3.5 GHz AMD Zen 28-core, 3.8 GHz AMD Zen 2
GPUCustom AMD Radeon RDNA Navi 10.28 Teraflops, 36 CUs at 2.23GHzCustom AMD Radeon RNDA Navi 12 Teraflops, 52 CUs at 1.825GHz
RAM16GB GDDR6 RAM (256-bit)16 GB GDDR6 RAM
PenyimpananCustom 825GB SSD1 TB NVMe SSD
Memory Bandwith448GB/dtk10GB di 560GB/dtk, 6GB di 335GB/dtk
Penyimpanan EksternalSlot NVMe SSD, suport USB HDDSeagate Proprietary External 1TB SSD Expansion Card, Suport USB 3.2 HDD
Kecepatan Transfer Data5.5GB/S (Raw), 8-9GB/S (Compressed)2.4gB/s (Raw), 4.8GB/s (Compressed)
Output Video4K, dengan dukungan hingga 8K (upscale). Framerate hingga 120 fps4K, dengan dukungan hingga 8K (upscale). Framerate hingga 120 fps
Fitur UnggulanRay-Tracing, 3D audio, Disc Support, AI AssistanceSmart Delivery, Quick Resume, Ray-Tracing, Disc Support
Backward Compatibility4000 judul dari PS4, Game PSVRGame Xbox, Xbox 360, Xbox One
JoystickDualshock 5 (Rumor)Series X Controller, kompatibel dengan kontroler Xbox One
Game EksklusifGodfallHalo Infinite, Senua’s Saga: Hellblade 2

Fitur dan Dukungan Game

 

Disamping spesifikasi mesin, salah satu hal yang mungkin layak untuk dibandingkan adalah fitur-fitur unggulan yang telah diumumkan serta dukungan “backward compatibility” konsol next-gen ini terhadap game-game yang sebelumnya ada. Baik Xbox Series X maupun Playstation 5 memang memiliki banyak fitur baru yang akan membedakan mereka dengan konsol sebelumnya.

Xbox Series X sendiri telah mengumumkan adanya fitur Quick Resume sebagai fitur unggulan yang sudah diumumkan sejauh ini. Fitur ini memungkinkan para pemainnya untuk menjalankan serta berpindah-pindah secara mulus 3 game sekaligus. Di sisi lain Sony sudah sempat memamerkan kecepatan render dari Playstation 5 yang akan belasan kali lebih cepat daripada konsol generasi sebelumnya.

Sayangnya mewabahnya virus Corona membuat kedua konsol ini, terutama untuk Sony yang seharusnya mulai memperkenalkan fitur-fitur dari Playstation 5 harus mengurungkan hal tersebut sehingga kita tidak tahu fitur-fitur baru apa saja yang sebenarnya dimiliki oleh Playstation 5 ini.

Membicarakan kemampuan “backward compatibility” keduanya juga memiliki kemampuan yang kurang lebih sama. Playstation baru saja mengumumkan bahwa Playstation 5 nantinya mampu memainkan lebih dari 4.000 game dari Playstation 4. Dan Sony kini masih memilah-milah judul game PS4 mana saja yang akan mereka bawa ke Playstation 5 nantinya.

Sedangkan untuk Xbox Series X, kemampuan “backward compatibility” yang dijanjikan Microsoft terasa lebih wah dan unggul karena Microsoft menjanjikan bahwa semua game dari Xbox One akan kompatibel di Xbox Series X. Apalagi para pemain yang memiliki game yang ada di Xbox One akan otomatis mendapat upgrade ke versi Xbox Series X bila memiliki konsolnya yang disebut fitur “Smart Delivery“. Sebagai tambahan game-game dari Xbox original dan Xbox 360 yang bisa berjalan di Xbox One juga dapat dimainkan di konsol terbaru Microsoft tersebut.

Game Eksklusif

Membahas spesifikasi maupun fitur mungkin akan kalah bila kita membicarakan game eksklusif untuk konsol. Apalagi mengingat di generasi sebelumnya Playstation benar-benar mendominasi lewat game-game eksklusif yang dimiliki oleh Playstation 4. Meskipun beberapa game kini telah masuk ke PC, namun tentunya Sony masih menang lewat game eksklusifnya ketimbang Xbox.

Xbox sendiri memang sedikit kesulitan untuk mengejar ketertinggalan mereka. Namun mereka mencari cara lain yaitu lewat “Play Anywhere” yang memungkinkan para pemainnya untuk memainkan gamenya di Xbox One maupun PC. Dan seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa Xbox Series X juga akan membawa teknologi yang serupa.

Membicarakan game yang benar-benar eksklusif untuk konsol next-gen yang telah dikonfirmasi sejauh ini Xbox Series X memimpin dengan Halo Infinite dan Senua’s Saga: Hellblade 2, sedangkan Playstation 5 memiliki 1 game eksklusif yang tidak muncul di Xbox yaitu Godfall. Sayangnya ketiganya sendiri kemungkinan besar juga akan hadir di PC sehingga tidak akan benar-benar menjadi game eksklusif.

Disinilah nantinya keduanya kelihatannya akan mengambil arah yang berbeda, dimana kemungkinan semua game eksklusif milik Xbox Series X secara otomatis akan masuk ke PC (dan masih terhitung eksklusif) sedangkan Playstation 5 akan mengambil langkah konvensional mereka yang telah berhasil sebelumnya yaitu dengan judul-judul andalan mereka seperti God of War, The Last of Us, Marvel Spiderman, dan mungkin juga Uncharted.

Verdict

Akhirnya, mungkin untuk sementara Xbox Series X memang terlihat lebih menjanjikan untuk sekarang. Yang sayangnya belum bisa dibilang bahwa pertarungan antara keduanya telah selesai karena keterbatasan informasi terhadap Playstation 5 yang menyebabkan banyak hal yang masih menjadi misteri dan tidak bisa kita hadapkan.

Spekulasi demi spekulasi akan terus terjadi hingga akhirnya Sony mau memperkenalkan secara resmi konsol terbarunya tersebut. Yang mungkin akan sedikit mundur dari yang kita harapkan karena kondisi dunia yang sedang tidak baik ini. Namun tentunya kita juga masih punya banyak hal yang membuat penasaran dari konsol asal Jepang ini.

Mulai dari desain yang masih rahasia hingga sekarang, fitur-fitur utama yang akan jadi nilai plus, dan tentunya harga yang kelihatannya akan jadi senjata andalan dari PS5 yang kemungkinan akan punya harga jual yang lebih murah dari Xbox Series X karena spek yang sedikit lebih rendah dari pesaingnya tersebut.

Nah dari perbandingan yang telah Gamebrott lakukan di atas. Konsol mana yang paling kamu tunggu antara keduanya, brott?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Playstation 5 dan Xbox Series X atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]