PlayStation Remote Play Bisa Saja Sambangi Nintendo Switch

in
Nintendo dan Sony sudah baikan?

Jika kamu selama ini mengenal PlayStation sebagai console game dari Sony, tentunya kamu tahu bahwa mesin tersebut merupakan versi 1.0 dari hasil kawin silang antara Nintendo dan Sony dengan nama Super NES CD-Rom atau nama prototipenya, SNES PlayStation. Namun sayang, penghianatan Nintendo karena takut kalah saing di industri game membuat Sony akhirnya membuat sendiri consolenya dengan nama PlayStation dan menyaingi mereka. Sejak saat itu hubungan antar keduanya menjadi kurang baik. Namun, apa jadinya jika PlayStation justru membuat servis untuk dihadirkan ke console lain termasuk “kawan lama”-nya, Nintendo?


Inilah yang disinyalkan oleh perusahaan asal Jepang tersebut, setidaknya untuk PlayStation Remote Play. PlayStation yang sebelumnya sangat mengeksklusifkan diri untuk tidak “ikut bermain” dengan perusahaan lain seperti Microsoft atau Nintendo yang telah berlakukan crossplay, kini sepertinya mulai bersahabat dengan mereka. Hal ini ditunjukkan secara tak langsung melalui survey yang ditemukan oleh seorang user reddit YouRedditHereFirst. Sony sepertinya berencana untuk memberikan support Remote Play untuk beberapa gadget lain.

Perlu diketahui, servis ini sebelumnya hanya berfungsi untuk memainkan game PlayStation 4 dari consolenya langsung namun menggunakan teknologi streaming di PC, Mac, Android, maupun iOS. Namun dalam surveynya terlihat jelas bahwa Sony tengah mengeksplorasi kemungkinan untuk bisa memainkan game PlayStation 1-2, hingga melakukan Remote Play di gadget atau platform lain. Salah satunya adalah Nintendo Switch, Apple TV, maupun Android TV.

Dengan adanya remote play di Nintendo Switch maupun gadget lain, tentunya mereka bisa menggantikan kerugian yang telah mereka alami sejak penurunan penjualan PS Vita. Menariknya console portable tersebut sering digunakan untuk remote play. Ia juga bisa menjadi solusi mengingat sebentar lagi PlayStation 5 sudah berada di depan mata. Memberikannya kemampuan untuk terhubung dengan PlayStation Now dan yang lain juga bisa memberikan keuntungan yang cukup baik bagi mereka dan para pengguna setianya. Termasuk mereka yang baru saja mengenal hobi bermain video game dan bingung untuk memilih platform yang mana.


Baca lebih lanjut tentang Sony Interactive Entertainment, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]