Pokemon Sword and Shield Kecolongan Pakai Ulang Model yang “Sama”

in ,

Pokemon Sword and Shield memang sedang gencar-gencarnya memasarkan game terbarunya ini. Dimana kurang dari 40 jam kedepan, Pokemon Sword and Shield akan merilis gamenya secara resmi. Tak sedikit dari pemberitaan tersebut membawa Hype yang membuat seri Pokemon satu ini menjadi salah satu yang diantisipasi oleh para fans, sehingga tak sedikit para Data Miners berusaha membongkar rahasia apa yang bisa mereka gali.

Meski terus memberikan bocoran mengenai banyaknya Pokemon baru yang mereka janjikan untuk hadir, namun tak sedikit dari para fans yang juga mengkritik grafis yang hadir pada game ini. Ditambah lagi pada 13 November kemari, Reddit digemparkan atas penemuan dari data miner yang menunjukan bahwa beberapa  Model dari Pokemon Sword and Shield adalah reuse dari seri Sun and Moon di tahun 2016 lalu.

Beberapa gambar mulai tersebar yang menunjukan beberapa model Pokemon memang cukup identik seperti Octillery, Lucario, Flygon, dan Minccino. Beberapa model seperti Pikachu sendiri memiliki kemiripan yang juga dapat dilihat secara sekilas (meski kalo dilihat-lihat kayak ada dagunya?). Parahnya lagi sang data miner juga menyampaikan bahwa angka Tris (tipe tepian pada 3d modeling seperti polygon) memiliki jumlah angka yang juga sama. Sehingga tak sedikit yang mengasumsikan bahwa tak banyak perubahaan yang dilakukan dari segi model.

Salah satu akun Twitter bernama Blazingflare, juga turut penasaran dan membuktikan kebenaran isunya.

Sebelumnya Bilang “Buat Ulang Dari Awal”

Pembahasan mengenai penggunaan model atau asset yang sama pada suatu game memang kerap menjadi pendapat yang kontroversional. Namun statement yang tak sesuai fakta sepertinya merupakan hal yang lain. Hal ini merujuk pada kabar yang sempat beredar dimana Game Freak selaku developer dari game Pokemon Sword and Shield pernah mengaku bahwa mereka membangun semua model pokemon mereka dari awal.

 

Interview Game Freak dengan media Jepang Famitsu yang sempat diterjemahkan oleh beberapa media seperti Polygon, IGN, News Week, nampaknya menuai banyak kontroversi lanjutan. Sejauh tulisan ini ditulis banyak netizen di Twitter ramai-ramai menggunakan tagar #gamefreaklied alias “Game Freak berbohong“. Dimana backlash yang diterima oleh Pokemon Sword and Shield ini terus bermunculan sementara game ini akan rilis dalam waktu beberapa jam kedepan.

Jika kalian tertarik ingin membaca berita lagi mengenai game kalian bisa membacanya disini, atau kalian bisa memfollow Twitter ku di @ASoerdja untuk mendapatkan update seputar game juga.

Source: Reddit, Dual Shocker

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person