Pokemon TCG Indonesia “Deck META Espeon / Garbodor ” Yang Super Ngeselin dan Susah Di Bunuh

in

Halo guys, jadi sekarang gw mau membahas salah satu deck META neh. Apa seh META itu ? META artinya ” Most Effective Tactics Avaible ” dalam bahasa indonesia maksudnya strategy yang paling efektif untuk memenangkan suatu pertandingan.

META Pokemon TCG Indonesia sendiri pun masih sedikit karena baru keluar 1 set saja. Deck-deck META yang ada sekarang adalah Vikavolt / Tapu Bulu, Hooh / Kiawe, Metagross / Nekrozma dan Espeon / Garbodor. Keempat deck tersebut adalah META di set ini dan pastinya semua deck memakai 3 Tapu LELE yang sekarang harganya sedang melanjung tinggi. Baiklah tanpa panjang lebar mari kita lihat decklist dari Espeon ini.

Kartu Pokemon:
2x Sylveon GX
2x Espeon GX
4x Eeve Ability
1x Drampa GX
2x Garbodor
2x Trubbish
2x Mimikyu
3x Tapu Lele GX

Kartu Support:
4x Lilie
4x Professor Kukui
4x Guzma
2x Hau
1x Ilima
1x Tukar Pokemon
4x Ultra Ball
1x Tandu Pertolongan
1x Asuransi Kelemahan
1x Field Blower
3x Dumbell
2x Lotre Energi

Kartu Energi Yang Diperlukan:
5x Energi Psychic
5x Energi Fairy
4x Double Colorless Energy


Cara Bermain:

Idealnya pada turn pertama kita mempunyai Eeve Ability dan Energi Fairy / Psychic, jika kita mempunyai Energi Fairy maka Eeve kita akan berubah menjadi Sylveon dan kita dapat menggunakan Pita Ajaib untuk mendapatkan kartu-kartu yang kita butuhkan, jika kita mempunyai Energi Psychic maka Eeve kita akan berubah menjadi Espeon dan kita dapat menggunakan Sinar Psikedelik untuk membuat Pokemon Lawan menjadi Confuse.

Inti bermain dari deck ini adalah Stalling (meperlama musuh agar tidak dapat membunuh pokemon kita) sambil menunggu item tool di trash musuh menumpuk, jika sudah menumpuk kita dapat menggunakan Garbodor untuk meng one hit Pokemon musuh (1 Energi, menghasilkan damage sebesar 20 setiap item tool di trash lawan).

Jangan lupa juga untuk menggunakan ability GX dari Espeon untuk membunuh  pokemon basic musuh yang berbahaya (Contoh seperti Grubbin atau Beldum).

Review Vs Deck Meta:

Vs Tapu Bulu / Vikavolt

Matchup ini lumayan bagus untuk Espeon karena GX dari Espeon dapat membunuh Grubbin terlebih dahulu sebelum dia menjadi Vikavolt, Deck Vikabulu sendiri juga memakai lumayan banyak Item Tools (Rare Candy, Ultra Ball, Dsb) sehingga menguntungkan untuk Garbodor.

Tetapi jika Vikabulu fieldnya dapat jadi duluan, kemungkinan menang untuk Espeon lumayan susah karena Tapu Bulu GX + Kukui bisa mengakibatkan damage sebesar 200 sehingga Espeon dan Sylveon kita dapat di One Shot oleh musuh.

Vs Hooh / Tortunator

Matchup ini lumayan susah karena Hooh tidak membutuhkan bench untuk men set-up fieldnya, dia hanya butuh Supporter Kiawe untuk bisa mulai melakukan aksinya. Semburan api dari Hooh + Kukui juga dapat mengakibatkan kerusakan sebesar 200 sehingga bisa meng One Shot Espeon dan Sylveon kita.

Vs Espeon / Garbodor

Matchup ini lumayan tricky karena Espeon GX sendiri memiliki Weakness Psychic sehingga serangan Espeon GX serta Garbodor lawan akan mengakibatkan kerusakan dua kali lipat terhadap Espeon GX kita. Kita bisa menstalling menggunakan Sylveon, tetapi yang bakalan menang duluan adalah field yang Espeon GX nya dapat jadi duluan dan dapat mengkontrol Arena.

Vs Metagross / Necrozma

Matchup ini bisa dibilang seimbang, walau Espeon kita dapat membunuh Beldum musuh dengan GX nya, Sylveon kita mempunyai kelemahan Steel, sehingga semua serangan dari Metagross musuh akan mengakibatkan kerusakan sebesar 2x lipat.

Deck Metagross juga lumayan memakai banyak Item Tools, sehingga Garbodor kita dapat mengkibatkan serangan yang lumayan sakit.


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainnya seputar Pokemon dan Underlords dari XiaoKen

xiaoken

Written by xiaoken