Pokemon TCG Indonesia “Deck META Vikavolt Tapubulu ” Yang Pastinya Konsisten dan Sangat Kuat


Follow Us

Halo guys, jadi sekarang gw mau membahas salah satu deck META neh. Apa seh META itu ? META artinya ” Most Effective Tactics Avaible ” dalam bahasa indonesia maksudnya strategy yang paling efektif untuk memenangkan suatu pertandingan.

Nulis artikel dibayar

META Pokemon TCG Indonesia sendiri pun masih sedikit karena baru keluar 1 set saja. Deck-deck META yang ada sekarang adalah Vikavolt / Tapu Bulu, Hooh / Kiawe, Metagross / Nekrozma dan Espeon / Garbodor. Keempat deck tersebut adalah META di set ini dan pastinya semua deck memakai 3 Tapu LELE yang sekarang harganya sedang melanjung tinggi. Baiklah tanpa panjang lebar mari kita lihat decklist dari Vikavolt ini.  (Decklist Credited to Tito Santoso, 1st Champion on Event Hantaman Pertama)

Kartu Pokemon:
4x Grubbin
1x Charjabug
4x Vikavolt
2x Tapu Koko
1x Tapu Koko GX
3x Tapu Bulu GX
3x Tapu Lele GX

Kartu Support:
4x Lilie
4x Professor Kukui
4x Guzma
2x Hau
4x Permen Langka
4x Ultra Ball
2x Tandu Pertolongan
2x Poke Ball
1x Tukar Pokemon

Kartu Energi Yang Diperlukan:
8x Energi Daun
7x Energi Listrik


Cara Bermain:

Ideal nya pada turn pertama kita mempunyai Grubbin (Basic Pokemon Vikavolt) di bench dan mempunyai Permen Langka serta Vikavolt di tangan, jika sudah mempunyai semua itu pada turn selanjutnya kita bisa langsung mengevolusikan Grubbin menjadi Vikavolt dengan menggunakan Permen Langka. Untuk attacker idealnya deck ini, kita mempunyai Tapu Bulu GX dan Tapu Koko GX, kedua pokemon tersebut adalah main attacker dari deck Vikabulu ini. Kita juga membutuhkan Tapu Lele GX untuk mendapatkan Lilie diturn pertama yang efek nya bisa langsung mengambil kartu sampai ada 8 kartu di tangan kita. Jika kita sudah mempunyai Lilie ditangan, kita bisa menyimpan Tapu Lele GX di tangan untuk dikeluarkan pada turn selanjutnya dan mengambil supporter sesuai kebutuhan kita.

BACA JUGA  [VIDEO] 7 Video Game paling misterius di Dunia yang sangat mengerikan by "Creepypasta"

Arena ideal deck ini adalah 1x Vikavolt, 1x Tapu Koko, 1x Tapu Bulu GX, 2x Tapu Lele GX di Bench, dan 1x Tapu Bulu GX di bagian depan. Kita bisa memasang energi daun kepada Tapu Bulu GX di bagian depan dan menggunakan skill dari Vikavolt yang bisa memasang energi daun dan petir dari deck ke pokemon kita di arena. Sehingga Tapu Bulu GX bisa langsung menggunakan serangan keduanya yaitu Keputusan Alam yang mempunyai Damage sebesar 120, jika musuh GX mempunyai HP sebesar 180, kita juga dapat membuang semua energi dari Tapu Bulu GX dan langsung mengenai 180 Damage ke Pokemon musuh.

Jika Tapu Bulu GX kita sudah hampir kalah, kita dapat menggunakan GX nya yang mempunyai efek memulihkan semua HP Tapu Bulu GX Tersebut.

BACA JUGA  Keluarkan Edisi Pikachu, Casio G-Shock Kolaborasi Dengan Pokemon Untuk Sambut Seri Sword and Shield

Review Vs Deck Meta:

Vs Tapu Bulu / Vikavolt

Matchup ini rada Tricky, karena siapa yang field nya dapat jadi duluan Vikavoltnya, maka dia yang kemungkinan besar bakal menang.

Tapu Bulu sendiri dapat meng one hit Tapu Bulu lawan, dan Tapu Bulu lawan juga dapat meng one hit Tapu Bulu kita, jadi jika melawan match Mirror, sebaiknya incar Vikavoltnya terlebih dahulu supaya tidak bisa memasang energi dari deck.

Vs Hooh / Tortunator

Matchup ini lumayan ok buat kita karena combo kita lebih gampang untuk didapatkan, tetapi jika musuh berhasil meng set-up field nya duluan dengan first turn Hooh-Kiawe, maka kemungkinan kita kalah akan menjadi 60%, tetapi masih bisa menang jika hand kita lebih bagus daripada musuh.

Di match ini Field Blower sangat dibutuhkan karena Hooh musuh pasti menggunakan Baton Harapan untuk memindahkan semua energinya jika mati.

Vs Espeon / Garbodor

Matchup ini lumayan tricky karena Espeon GX sendiri dapat menggunakan confuse untuk mendelay Tapu Bulu GX, tetapi jika confuse nya gagal dan kita menggunakan Profesor Kukui (+20 damage) serta menggunakan efek Keputusan Alam yang Membuang semua Energi kita sehingga menjadi 180 damage, maka Espeon GX musuh dapat kita One Shot (180 + 20 = 200 Damage).

BACA JUGA  Keluarkan Edisi Pikachu, Casio G-Shock Kolaborasi Dengan Pokemon Untuk Sambut Seri Sword and Shield

Espeon GX juga mempunyai GX yang lumayan Menyebalkan untuk kita, jika Grubbin kita belum menjadi Vikavolt, maka Grubbin kita dapat di One Shot dengan GX nya yang dapat menyerang bagian bench kita.

Vs Metagross / Necrozma

Matchup ini merupakan matchup tersusah kita karena Necrozma dan Metagross dapat meng one hit kill Tapu Bulu GX kita, sedangkan HP Metagross sendiri adalah 250 sehingga lumayan susah untuk di bunuh. Jika musuh dapat men set-up field nya di turn 2 dengan 2 Metagross + 1 Necrozma, deck vikabulu ini bisa di bilang bakalan 100% kalah karena turn 2 set-up seperti itu bakalan tidak bisa di bunuh oleh Tapu Bulu GX.

Dalam melawan deck ini, kita harus membunuh beldum musuh terlebih dahulu agar tidak dapat menjadi Metagross, jika musuh tidak bisa meng set-up dan vikabulu kita dapat jadi set-up nya duluan, kita bakalan lebih mudah untuk memenangkan pertandingan. Hati-hati juga dengan Mimikyu musuh, karena Mimikyu dapat menggunakan serangan Tapu Bulu GX kita dan dapat menggunakan efek nya juga yang membuang semua energi dan menghasilkan 180 damage.


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainnya seputar Pokemon dan Underlords dari XiaoKen


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item