Polisi Virtual Resmi Berpatroli dan Memantau Sosial Media Indonesia

in ,
Criminal Computer Hacking

Virtual Police atau polisi virtual di korps Bhayangkara secara resmi telah mulai berpatroli. Dengan begitu, kini sosial media di Indonesia mulai dipantau oleh kesatuan khusus tersebut.

Unit kesatuan yang digagas oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut akan mulai memantau Sosial Media Indonesia untuk mencegah pelanggaran pidana Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik(ITE).

Dilansir dari CNN, Kamis(25/2/2021), Dalam keterangan konferensi pers, Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono mengatakan apabila kehadiran polisi virtual ini sebagai bentuk pemeliharaan Kamtibmas di masyarakat. Hal ini dilakukan agar dunia siber Indonesia dapat berjalan dengan Aman.

“Melalui Virtual Police, kepolisian memberikan edukasi dan pemberitahuan bahwa apa yang ditulis ada melanggar pidana, mohon jangan ditulis kembali dan dihapus,” kata Argo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/2).

Dirinya juga menambahakan jika tuga dari para polisi virtual ini nantinya akan memberikan edukasi kepada masyarakat. Mereka akan mengawasi dan memberikan edukasi terkait konten yang disebarkan oleh pihak tertentu dan berpotensi melanggar pidana.

Saat ini, Polri mengaku telah membuat  tiga buah teguran kepada para pengguna sosial media terkait konten yang mereka buat. Salah satunya adalah seorang pengguna sosial media tersebut mengunggah foto serta keterangan “Jangan lupa saya maling”.

“Virtual police alert. Peringatan 1. Konten Twitter Anda yang diunggah 21 Februari 2021 pukul 15.15 WIB berpotensi pidana ujaran kebencian. Guna menghindari proses hukum lebih lanjut diimbau untuk segera melakukan koreksi pada konten media sosial setelah pesan ini Anda terima. Salam Presisi,” kata Argo membacakan isu teguran.

Argo juga berharap dengan diresmikanya Polisi Virtual akan mengurangi informasi hoak yang beredar di dunia siber Indonesia saat ini. Dan Masyarakat Indonesia menjadi lebih berhati-hati dalam bermain sosial media.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

 

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

One Comment

Leave a Reply

    Leave a Reply

    Avatar

    Your email address will not be published.