Politikus Amerika Salahkan “Videogame” Atas Terjadinya Penembakkan Massal di 4 Wilayah Amerika

in
image courtesy, Elena Schneider/ Medill News Service

Baru-baru ini kejadian yang memilukan dan cukup memprihatinkan terjadi di Amerika Serikat. Peristiwa penembakan massal yang terjadi di empat wilayah sekaligus di Amerika Serikat ini seketika menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Pelakunya sendiri diduga berumur 21 tahun berkulit putih, sementara yang satunya lagi berusia 24 tahun diidentifikasi bernama Connor Bets meninggal ditempat saat pihak kepolisian berusaha menghentikan usaha penembakannya dengan timah panas.

Bagaimana tidak, peristiwa yang dilakukan dua terduga teroris dilakukan serentak dalam waktu bersamaan di wilayah Ohio, Dayton, Texas dan El Paso. Setidaknya ada 29 korban yang meninggal dunia akibat peristiwa keji tersebut. Peristiwa tersebut juga cukup disayangkan karena politisi Amerika, yaitu Kevin McCarthy menyebutkan bahwa ada keterlibatan “videogames” dalam penembakan massal ini yang terjadi baru-baru ini. Menurutnya, videogames mempengaruhi sikap “tidak manusiawi” suatu individu, seperti yang terjadi dalam kasus penembakan massal tersebut.


Seperti dilansir dari PC Gamer, dalam sebuah interview dengan Fox News McCarthy mengatakan bahwa :

“Saya merasakan itu (videogames) menjadi permasalahan bagi generasi di masa yang akan datang dan lain sebagainya. Kami melihat dari sebuah study atau penelitian sebelumnya yang membuat seseorang cenderung bersikap individual. Jika anda melihat foto tersebut berada suatu tempat, anda pasti tahu bahwa aksi tersebut kerap kali ditemui dalam sebuah video game.”

Sangat disayangkan McCarthy tidak menyebutkan penelitian secara spesifik seperti apa yang mereferensikan atau membuktikan bahwa video games membuat perilaku seseorang cenderung individual. Seolah-olah video game menjadi “kambing hitam” hampir di semua kasus-kasus yang memiliukan seperti ini. Untuk mengetahui lebih lanjtu perlu adanya kajian yang lebih dalam mengenai study atau penelitian terkait dampak apa saja yang ditimbulkan oleh video games termasuk pengaruhnya dalam kasus yang memprihatinkan ini.

Penulis mewakili segenap keluarga Gamebrott tentunya turut prihatin dengan peristiwa memilukan yang terjadi di Amerika Serikat ini, semoga kedepannya tidak ada lagi tindakan-tindakan yang terkait dan masyarakat hingga pihak terkait diharapkan lebih dewasa lagi menyikapi peristiwa yang tengah terjadi ini.

 

Sumber: PC Gamer


Mau baca artikel seputar video games hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi