[Poll] Variasi Populer Class/Job Fighter dalam Game RPG

in ,

Game RPG ataupun MMORPG cenderung memiliki sistem kelas atau job yang dibagi berdasarkan karateristik ataupun kemampuan dan gaya bertempur mereka. Karateristik tersebut biasanya masuk kedalam salah satu dari empat kategori kelas, yaitu; Fighter, Ranger, Rogue dan MageEmpat kategori ini kemudian yang menjadi basis munculnya berbagai variasi kelas yang lebih kompleks lagi, namun tetap mempertahankan aspek utama karateristik kategori utamanya.

Dalam kesempatan kali ini, penulis ingin mengajak kalian untuk sedikit mengeksplorasi karateristik dan variasi kelas Fighter yang populer di banyak game RPG ataupun MMORPG zaman now.

Kelas Fighter mungkin lebih kamu pahami sebagai kelas Knight maupun Warrior, dimana fokus utama kelas ini adalah sebagai frontliner dan seringkali memegang peran physical DPS ataupun Tank, karena karateristik serta berbagai kemampuannya yang cenderung efektif dalam pertempuran jarak dekat. Hal tersebut didukung dengan persenjataannya yang melingkupi pedang, kapak, palu, gada, tombak dan perisai, serta perlengkapan zirah (armor) yang cenderung sangat tebal dan berat demi memperkuat pertahanan.

Semakin berkembang video game RPG tentunya juga semakin memberikan variasi baru yang lebih kompleks kepada kelas Fighter. Yang mungkin tadinya hanya dapat memberikan physical damage, Fighter juga mampu menggunakan magic ataupun kemampuan-kemampuan yang terinspirasi dari kategori kelas lainnya. Maka dari itu dibawah ini penulis akan coba jelaskan variasi-variasi Fighter yang populer pada game RPG/MMORPG zaman now.


  • Warrior (Warlord, Champion etc.)

Menjadi variasi yang paling dasar dan paling klasik dari kategori Fighter, Warrior merupakan salah satu kelas yang bisa dikatakan paling mudah dipahami. Memiliki banyak kemampuan ofensif, Warrior menjadi salah satu DPS utama dalam sebuah party. Selain kemampuan ofensifnya, Warrior juga memiliki pertahanan dan kapasitas HP (health point) yang tinggi, menjadikannya kelas yang cocok untuk pemain Solo.

  • Equipment: Senjata dua tangan atau Two-Handed Weapon seringkali menjadi senjata pilihan yang digunakan Warrior untuk memberikan output kerusakan yang lebih besar, seperti Greatsword dan Greataxe misalnya. Warrior juga cenderung menggunakan Heavy Armor dalam pertempuran.
  • Abilty: Warrior biasanya memiliki kemampuan dalam memberikan damage yang besar dalam sekali serangan namun juga dalam AoE (area of effect) yang luas. Warrior juga cenderung memiliki kemampuan Leap Attack untuk mendekatkan diri dengan lawan. Selain itu Warrior juga terkadang mampu mengeluarkan Aura yang dapat meningkatkan efektifitas serangan anggota party.

  • Knight (Commander, Warden etc.)

Variasi paling klasik lainnya dari kategori Fighter, kelas Knight memiliki pendekatakan yang berbeda dengan Warrior, dimana Knight cenderung lebih memposisikan dirinya sebagai seorang Tank karena karateristik dan kemampuanya dalam memperkuat pertahanan. Perannya sebagai samsak tinju tersebut membuatnya cenderung sangat bergantung pada kerjasama party.

  • Equipment: Knight seringkali terlihat menggunakan pedang (terkadang mace) pada main hand dan perisai pada off-hand nya demi meningkatkan pertahanan. Knight juga tentunya menggunakan Heavy Armor pada pertempuran.
  • Abilty: Fokusnya pada pertahanan, cenderung membuat kemampuan ofensif seorang Knight berkurang, namun sebagai gantinya, kelas Knight cenderung memiliki kemampuan kontrol seperti Shield Bash, Taunt atau Provoke. Dan tak sedikit juga dari mereka juga mampu mengeluarkan Aura yang dapat memperkuat pertahanan anggota party lainnya.

  • Paladin (Holy Knight, Crusader etc.)

Pladin merupakan variasi atau biasanya menjadi kelas lanjutan dari seorang Knight, dan menjadi salah satu kelas Fighter yang memiliki akses terhadap kemampuan magic. Salah satu karateristik Paladin yang ikonik adalah kemampuannya yang sangat efektif terhadap musuh-musuh bertipe Dark atau Undead. Selain itu Paladin juga cenderung memiliki kemampuan Support ala kelas Cleric ataupun Priest.

  • Equipment: Cenderung tidak jauh berbeda dengan Knight namun biasanya memiliki desain yang membuat Paladin terlihat dan terkesan lebih suci.
  • Ability: Paladin cenderung memiliki akses terhadap kemampuan mengeluarkan serangan tipe Light yang efektif terhadap musuh tipe Dark ataupun Undead. Selain itu Paladin juga cenderung bisa mengeluarkan mantra yang meningkatkan resist terhadap serangan Dark. Kemampuan Supportnya juga membuat Paladin dapat melakukan Heal atau bahkan Resurrection.

  • Berserker (Gladiator, Barbarian etc.)

Berserker merupakan variasi atau biasanya menjadi kelas lanjutan dari seorang Warrior. Karateristik ikonik Berserker adalah kemampuannya yang meningkat secara drastis namun dengan pengorbanan terhadap pertahanannya. Karakteristik ikonik lainnya dari kelas Berserker adalah fisik mereka yang lebih berotot serta rambut dan kulit yang berubah warna.

  • Equipment: Walau tidak berbeda jauh dengan Warrior pada umumnya, Berserker biasanya memiliki desain armor yang lebih memperlihatkan otot dan tubuh agar terlihat lebih garang.
  • Ability: Selain kemampuan dan serangan yang meningkat drastis, Berserker juga cenderung dapat bergerak lebih cepat dan menyerang lebih cepat dan terkadang meningkatnya critical rate. Berserker juga cenderung memiliki kemampuan untuk mengeluarkan aura yang dapat memperlambat segala aksi dari musuh-musuh yang ada disekitarnya.

  • Swashbuckler (Duelist, Fencer etc.)

Swashbuckler merupakan variasi Fighter yang dicampur dengan sedikit twist ala Rogue, dimana salah satu karateristik ikonik karakter ini adalah memiliki akses untuk menggunakan dua senjata sekaligus atau dual-wielding. Kelas ini juga identik dengan kemampuannya dalam memberikan berbagai jenis debuff kepada musuh yang dilhadapinya.

  • Equipment: Swashbuckler biasanya terlihat memakai dua pedang sekaligus atau terkadang campuran antara pedang, kapak, bahkan pisau. Kelas ini juga memiliki akses untuk menggunakan armor kelas-kelas Rogue yang cenderung lebih enteng daripada armor kelas-kelas Fighter, dan hal ini membuat Swashbuckler juga cenderung dapat bergerak dan menyerang dengan cepat dibandingkan kelas Fighter lainnya.
  • Ability: Memberikan efek debuff menjadi kemampuan utama dari seorang Swashbuckler, seperti memperlambat gerakan, kecepatan dan akurasi serangan, bahkan mengurangi pertahanan musuh-musuh yang dilawannya.

  • Samurai (Kensei, Swordmaster etc.)

Kelas Samurai bisa dipandang sebagai versi yang lebih defensif daripada Swashbuckler namun lebih ofensif daripada Knight. Karateristik kelas Samurai adalah kemampuan-kemampuannya dalam melakukan parry atau counter attack dan memberikan efek kontrol pada musuh. Cara bertempur kelas Samurai biasanya menghabisi lawan sebelum diserang balik dan mencegah atau memperlambat musuh dalam mengeluarkan kemampuannya.

  • Equipment: Samurai mungkin juga lebih sering terlihat menggunakan Two-Handed Katana atau bahkan dua Katana sekaligus, namun Samurai juga seringkali memilki akses untuk senjata jarak jauh seperti Longbow. Kelas ini juga cenderung memakai Armor yang didesain ala Samurai asli Jepang.
  • Ability: Selain memberikan efek debuff seperti Swashbuckler dan kontrol seperti Knight, Samurai cenderung memiliki output kerusakan yang besar saat melakukan serangan melalui parry ataupun counter attack.

  • Dark Knight (Death Knight, Blood Knight etc.)

Kebalikan dari kelas Paladin yang memiliki kemampuan serangan tipe Light, Dark Knight justru memiliki kemampuan serangan tipe Dark dan kemampuan-kemampuan menggunakan ilmu gelap atau terlarang. Salah satu karateristiknya Dark Knight adalah kelas ini cenderung memiliki kemampuan yang berhubungan dengan HP, seperti mengambil HP lawan untuk menambahkan HP mu sendiri.

  • Equipment: Berbeda dengan Paladin yang memiliki desain armor dan senjata yang terlihat suci, Dark Knight memiliki desain yang gelap dimana membuatnya terlihat edgy.
  • Ability: Dark Knight biasanya memiliki kemampuan untuk mengurangi HP lawan secara terus menerus dengan mengeluarkan aura gelap disekitarnya. Kemudian menukar persentase HP musuhmu dengan persentase HP mu, bahkan terkadang melakukan instant kill. Namun kemampuan kemampuan Dark Knight juga cenderung diaktifkan dengan mengorbankan beberapa persen dari HP yang dimilikinya.

  • Dragon Knight (Dragoon)

Dragon Knight merupaka variasi unik dari kelas Warrior, dimana karateristik kelas ini adalah dapat bergerak dengan sangat cepat dan cenderung memiliki berbagai kemampuan Aerial Attack atau serangan udara. Kelas Dragon Knight juga identik dengan naga, membuatnya seringkali terlihat membawa naga atau bahkan mengendarai naga.

  • Equipment: Dragon Knight seringkali terlihat menggunakan tombak dan terkadang dibarengi dengan perisai. Armor yang dipakai kelas ini juga cenderung memiliki desain ala naga.
  • Ability: Memiliki variasi Aerial Attack membuat Dragon Knight unggul dalam melakukan engaging, kemampuan seperti High Jumping untuk memberikan damage besar pada area kecil. Dragon Knight terkadang juga bisa mengeluarkan magic seperti menyemburkan api atau bahkan membuat tornado kecil. Beberapa diantarnya bahkan bisa berubah menjadi naga untuk beberapa waktu.

Kira-kira inilah beberapa variasi populer dari kelas Fighter yang terdapat pada game RPG atau MMORPG. Apakah kamu sudah pernah mencoba semuanya dan punya kelas favorit tipe Fighter sendiri? Yuk ikutan polling dibawah dan kasih tahu kenapa kamu favoritkan kelas tersebut!

Referensi: TV Tropes

[zombify_post]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.