Port PC PES Tahun Kemarin Buruk Karena Versi Console Lebih Laris untuk Konami

maxresdefault 10

Franchise sepak bola andalan KonamiPro Evolution Soccer telah beralih dari engine lama ke Fox Engine buatan Kojima Productions mulai dari tahun 2014 silam. Dengan bantuan engine baru ini game siap untuk berikan visual terbaik untuk generasi baru. Namun visual ini hanya hadir untuk PS4 dan Xbox One. PC yang seharusnya lebih dari sanggup untuk diberikan versi next-gen ini terjebak dengan port versi PS3/X360 selama tiga tahun.

Perbandingan visual PES 2017

Alasannya tak lain dan tak bukan karena penjualan game lebih laku di console ketimbang di PC. Dilansir dari interview Konami bersama PCgamesn, Adam Bhatti, global product and brand manager dari Konami mengatakan jika Konami prioritaskan versi PS4 dan Xbox One terlebih dahulu karena kedua console tersebut menjadi core market mereka.

Versi sekarang telah berhasil miliki kualitas yang sama dengan PS4 dan Xbox One merupakan hasil dari mereka beradaptasi membawa FOX engine ke PC. Alasan keterlambatan ini karena tim yang mengurus versi PC lebih kecil ketimbang versi yang mereka lebih prioritaskan yaitu console.

Bhatti menambahkan jika PC tak disampingkan oleh Konami, hanya saja mereka tak mau mengambil resiko mengasingkan fanbase di console yang menjadi sumber penghasilan utama dari franchise ini.

“Untuk sumber penghasilan, mayoritas fans dan penjualan datang dari versi console, maka melalaikan kualitas dari versi PS4 dan Xbox One dapat berdampak besar untuk PES, yang dimana console menjadi pusat fanbase dari game ini serta tempat dimana fans paling sering bermain, kami perlu memastikan mereka puas, karena merekalah yang terus menghidupkan kami.”

Bhatti mungkin berpikir banyak orang bermain versi console dari game ini, namun pada kenyataannya adalah orang tak kalah banyaknya bermain game sepak bola ini di PC. Hanya saja kita tahu jika kebanyakan dari pemain tersebut bermain bajakan dari game ini.

Disisi baiknya adalah PES 18 mendatang takkan lagi mengesampingkan versi PC. Konami bahkan berjanji jika versi PC akan miliki standar tertinggi, tentunya ini menjadi kabar baik untuk penggemar PES di PC, terkecuali untuk mereka yang miliki PC kentang. PES 2018 akan dirilis pada 12 September mendatang.

https://www.youtube.com/watch?v=y0FCfnmlEwI

Source: PCgamesn

Exit mobile version