Kenapa Port USB Punya Banyak Warna dan Apa Alasannya?

Port USB Punya Banyak Warna

Kenapa port USB punya banyak warna – Sebagai pengguna komputer pasti kalian pernah menemukan banyak sekali pembahasan soal USB  2.0, atau 3.0 bahkan sampai yang terbaru ini USB 3.2 Gen 2. Terlebih sekarang Apple sudah menggunakan USB Type C pada lini iPhone tahun ini, menjadikan orang bertanya-tanya apa perbedaan dari segala jenis USB.

Dibalik semua itu, kalian yang sering menggunakan PC pasti pernah melihat warna port USB yang punya banyak warna. Mulai dari hitam, biru, hijau, merah, banyak sekali warna yang sejatinya membuat bingung apa sih perbedaan warna tersebut.

Kalian datang ke artikel yang tepat karena pada kali ini kami akan membahas mengapa USB port ada banyak warna dan apa saja perbedaannya. Secara garis besar, perbedaan warna ini didominasi karena adanya perbedaan generasi maupun kecepatan yang bisa dihasilkan port tersebut.

Port USB Punya Banyak Warna dan Apa Saja Perbedaannya?

Kenapa bisa warna-warni ya?

Tanpa perlu berbasa-basi lagi mari kita bahas saja satu persatu mulai dari yang paling basic terlebih dahulu:

1. Warna Port USB Putih

USB 1.X

Warna USB putih berarti ia merupakan generasi pertama dari Universal Serial Bus dan merupakan versi USB yang paling lambat. Pertama kali dikenalkan pada tahun 1996 dan hanya mendukung kecepatan dari 1,5Mbit per detik sampai dengan 12Mbit per detik.

Awalnya konektor warna putih ini hanya didesain sebagai interface untuk mouse dan keyboard dimana dulu kedua peripheral tersebut menggunakan konektor PS/2. Jarak yang semakin pendek akan membuat kecepatan transfer lebih baik sehingga jarak maksimal kabel adalah 5 meter.

2. Warna Port USB Hitam

USB 2.X

Secara garis besarnya, warna hitam pada USB merupakan pertanda kalau ia adalah generasi kedua atau 2.X. Lahir setelah 4 tahun sejak generasi awal, kecepatan transfer yang dihasilkan sebenarnya naik cukup signifikan dibanding pendahulunya.

Dengan kecepatan mencapai 480MBit per detik, dahulunya USB ini disebut dengan High Speed USB dan menjadi interface USB terkencang di zamannya. Port ini juga kompatibel dengan generasi sebelumnya dan memiliki semua fitur yang ada di generasi pendahulu.

3. Warna Port USB Biru

USB 3.0 keatas

Warna yang mungkin paling sering kalian lihat sekarang adalah port berwarna biru. Warna ini menandakan kalau port tersebut sudah setidaknya generasi 3 keatas. Biasanya port ini juga ditandai dengan tulisan SS yang berarti SuperSpeed.

Port berwarna biru ini memiliki banyak sekali perubahan. Hingga tidak semua port berwarna biru memiliki kecepatan transfer yang sama. Mengikuti standar terbaru, USB warna biru ini mengikuti standar USB 3.2 yang terbagi pula dalam 4 kategori kecepatan.

Mulai dari USB 3.2 Gen 1×1 yang punya kecepatan 5Gbps. Lalu ada USB 3.2 Gen 2×1 dengan kecepatan 10Gbps. Disusul pula dengan USB 3.2 Gen1x2, dan terakhir ada USB 3.2 Gen2x2 yang punya kecepatan 20Gbps.

4. Warna Port USB Hijau Laut/Teal

USB 3.1

Masih dalam keluarga yang sama dengan biru, warna Teal mencerminkan kalau dia adalah USB 3.1. Agak membingungkan memang. Apalagi dengan warna yang hampir mirip dengan biru ini terkadang mengecohkan beberapa pengguna.

Untuk bisa membedakan, USB berwarna Teal biasanya bertulisan SS+ dan punya kecepatan sampai dengan 10Gbps. Port USB ini juga kompatibel dengan seluruh USB sebelum dia.

5. Warna USB Merah, Kuning, atau Oranye

Macam-macam warna yang tidak lazim

Kedua warna ini mungkin lebih jarang kalian temukan. Tapi bukan berarti kedua warna ini hanya akal-akalan manufaktur motherboard saja agar warnanya beda. Warna merah maupun kuning ini ternyata punya arti kalau port tersebut tetap menyalurkan arus listrik meskipun perangkat seperti laptop/komputer dalam kondisi mati.

Maka dari itu port berwarna ini biasanya dinamakan dengan Always On Ports atau Sleep and Charge Port. Port ini mendukung sampai kecepatan 20Gbps. Daya yang bisa disalurkan port ini juga jauh lebih besar yaitu 1,8 Ampere * 5 Volt.

6. Port Warna Hijau

Warna hijau

Kalau yang ini sedikit berbeda dan bukan berdasarkan generasi atau apapun. Karena warna port hijau ini adalah khusus milik Razer dan bukan berarti ia punya kategori sendiri. Warna hijau ini lebih melambangkan warna senada dengan image perusahaan Razer yang dominan hijau.

Jadi itulah berbagai warna USB port yang sering kalian temukan. Apakah penjelasan diatas menjawab pertanyaan kalian? Coba beri komentar di bawah ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version