Posisi PS5 secara Vertikal Disebut-sebut Dapat Membuat Konsol Rusak Permanen

Posisi PS5 secara Vertikal

Posisi PS5 secara Vertikal – Konsol gaming terkini milik Sony, yaitu PlayStation 5 atau PS5 menjadi salah satu platform yang populer melanjutkan generasi PS sebelumnya. Konsol ini menghadirkan berbagai keunggulan baik dari hardware maupun koleksi game yang ada. Dengan model yang diberikan, PS5 bisa kalian posisikan secara vertikal (tegak) maupun horizontal (dibaringkan).

Baru-baru ini muncul sebuah kabar yang menyebutkan bahwa posisi PS5 vertikal dapat membuat konsol tersebut rusak permanen. Benarkah demikian? Yuk, kita cari tahu bersama!

Penyebab Posisi PS5 secara Vertikal Disebut-sebut Dapat Membuat Konsol Rusak Permanen

Bagi para pemilik PS5, pasti banyak dari mereka meletakkan posisi konsol tersebut secara vertikal. Hal ini mereka lakukan karena pada beberapa informasi berupa gambar maupun video dari Sony menunjukkan bagaimana posisi konsol tersebut ditunjukkan secara vertikal. Hal ini membuat banyak orang mengira posisi PS5 yang baik adalah dalam kondisi vertikal. Namun tidak sedikit juga dari gamer meletakkan konsol PS5 mereka secara horizontal.

Namun ternyata baru-baru ini terungkap bahwa posisi PS5 secara vertikal diketahui dapat membuat konsol tersebut rusak permanen. Informasi ini berasal dari sebuah video milik channel Youtube bernama TheCod3r yang merupakan seorang pemilik toko reparasi.

Salah satu bentuk mekanisme pelindung APU pada konsol PS5 menghindari adanya kebocoran pada liquid metal
(Sumber: TheCod3r Youtube)

Pada video tersebut, dia menjelaskan bagaimana model desain PS5 ini memiliki ‘kecacatan’ yang memungkinkan liquid metal sebagai pendingin konsol tumpah. Hal ini dapat beresiko mengenai motherboard dan kemungkinan terburuknya bisa sampai rusak. Sebenarnya PS5 sudah memiliki 2 mekanisme untuk mencegah terjadinya liquid metal ini tumpah, yaitu selotip penutup pelindung yang berfungsi melindungi area APU dan sepotong busa untuk mencegah tumpahnya liquid ke motherboard.

Dianjurkan PS5 Tidak Diposisikan secara Vertikal

TheCod3r menambahkan dalam penjelasannya bahwa kondisi tumpahnya liquid metal masih belum bisa dipastikan penyebabnya. Karena ada berbagai macam kemungkinan yang bisa terjadi. Namun berdasarkan pengalaman dia dalam memperbaiki konsol PS5, dia menemukan bahwa liquid tersebut bisa saja tumpah dan 2 mekanisme pelindung tadi tidak bekerja secara efektif sesuai fungsinya.

Pelindung Busa yang melindungi potensi tumpahnya liquid metal yang ada di PS5
(Sumber: TheCod3r Youtube)

Menurutnya, ketika liquid metal ini tumpah apalagi posisi PS5 dalam kondisi vertikal, tumpahan liquid bisa sampai ke motherboard konsol menambah resiko terjadinya kerusakan. Dia menganjurkan kepada gamer agar memastikan kondisi PS5 mereka secara horizontal untuk jaga-jaga kalau misalnya liquid metal bocor dan mekanisme pelindungnya tidak bekerja dengan baik.

Pendapat yang Sama dari Orang Lain

Tanggapan TheCod3r terkait posisi PS5 secara vertikal ini bukan hanya dia sendiri saja. Ada beberapa orang lainnya menganggap posisi tersebut dianggap tidak direkomendasikan karena adanya potensi liquid metal bisa tumpah dan mengenai perangkat dalam PS5.

Salah satu tanggapan lain mengenai posisi PS5 secara vertikal disebut-sebut dapat merusak konsol secara permanen karena tumpahnya liquid metal

Pada sebuah video dari channel Youtube Jeux Vidéo Magazine, sebuah interview menjelaskan bagaimana posisi PS5 dalam kondisi vertikal dapat merusak konsol tersebut. Penjelasan pada video tersebut tidak jauh berbeda dengan TheCod3r dimana liquid metal yang tumpah dapat merusakan konsol PS5 terlebih jika dalam kondisi posisi secara vertikal.

Itulah informasi mengenai posisi PS5 secara vertikal disebut-sebut dapat merusak konsol tersebut karena adanya potensi terjadinya kebocoran pada liquid metal sehingga tumpah mengenai perangkat dalamnya, terlebih ke motherboard.

Meskipun kejadian ini jarang terjadi, tapi tidak sedikit dari gamer yang kurang beruntung mengalami kerusakan pada konsol mereka karena liquid metal tumpah pada saat PS5 dalam posisi vertikal. Apakah kalian mulai merasa harus mengganti posisi PS5 secara horizontal atau tetap dalam kondisi vertikal?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait PS5 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version