Potret Performa dan Keberadaan RTX 3080 Varian 20GB Telah Mulai Beredar

in , , ,
Cpo2qyljht85x3jy8opcsk
Sumber: Techradar

Beberapa bulan yang lalu kita baru saja disambut dengan datangnya jajaran vga terbaru dari NVIDIA yakni RTX 3000 series. Pada acara tersebut, NVIDIA memperkenalkan 3 buah RTX kelas unggulan mereka yakni RTX 3090, 3080, dan 3070 dengan performa yang terbilang 2 kali lipat lebih besar dibanding seri sebelumnya.

Namun setelah munculnya ketiga seri flagship tersebut, pada bulan Desember yang lalu mulai muncul sebuah rumor bahwa, NVIDIA akan membawa varian lain dari RTX 3080 yakni RTX 3080 Ti dengan VRAM lebih besar dibandingkan varian biasa, yakni sebesar 20GB GDDR6X.

Kini nampaknya rumor tentang kehadiran vga tersebut telah kembali menguat. Kabar tersebut datang dari seorang pembocor informasi bernama 9550Pro melalui akun Twitter-nya yang memberikan sejumlah screenshot RTX 3080 dengan menggunakan VRAM sebesar 20GB GDDR6X.

Tak hanya memberikan sejumlah screenshot vga yang diduga akan menjadi RTX 3080 Ti, ia juga memberikan link menuju situs Blibli tiongkok dan memperlihatkan sebuah video dari seseorang bernama “Big Hardware Player” yang diduga mempunyai engineering sample RTX 3080 Ti.

Pada video yang dijelaskan oleh “Big Hardware Player”, ia mengklaim (dikutip dari Videocardz) bahwa VGA yang diduga akan menjadi RTX 3080 Ti ini tidak ada bedanya dengan RTX 3090. Namun dikutip dari Tom’sHardware, mereka berkomentar bila terdapat beberapa kejanggalan pada video tersebut, seperti bedanya driver yang digunakan pada RTX 3090 dan RTX 3080 10GB, lalu versi software GPU-Z yang digunakan pada dua vga tersebut.

Perlu diingat, hingga saat ini keberadaan RTX 3080 Ti ini juga masih belum dikonfirmasi oleh NVIDIA, jadi mau tidak mau kita masih harus menunggu hingga waktu yang tak ditentukan. Mengingat pada bulan Februari nanti NVIDIA akan merilis RTX 3060 yang telah diumumkan pada saat acara CES 2021 kemarin.


Baca lebih lanjut tentang NVIDIA, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Daffa Dhiya

Written by Daffa Dhiya

Seorang Manusia yang lahir di bulan Desember, saat kecil sering memainkan game - game konsol, dan kini berpindah menuju PC dan mempunyai kesenangan terhadap Racing games, dan Adventure, Interactive games.