Powerpicking di Tournament League of Legends

pick and ban

Drafting dalam League of Legends merupakan bagian yang penting dalam sebuah pertandingan. Dalam drafting masing – masing team akan ban 3 Champion secara gantian lalu dari sisa champion yang tidak di ban masing – masing team akan memilih atau pick champion pilihan mereka. Dalam pemilihan champion kedua team memiliki pick phase yang berbeda tergantung side Red atau Blue. Blue side akan mendapat hak untuk first pick champion , lalu diikuti dengan 2 champion pick dari red side. Setelah fase 1 selesai, fase 2 dimulai dengan 2 champion pick dari blue side dan 2 champion pick dari red side. Fase terakhir diakhiri dengan 2 champion pick dari blue  side lalu last champion pick dari red side.

Dalam pick phase tentu masing – masing team ingin mengambil champion terbaik yang mereka dapat gunakan, disinilah masuknya “Powerpicks“. Powerpicks sendiri berarti Champion pick yang powerful atau sangat kuat dalam meta game (Patch) pada saat itu. Contoh powerpicks di League of Legends adalah Corki, Kalista dan Alistar di Patch 6.3 . Team professional LoL diseluruh dunia akan menginvestasi banyak waktu dan tenaga dalam pick and ban phase mereka karena mereka ingin mendapatkan sebanyak mungkin powerpicks yang mereka dapat ambil dan memberi sedikit mungkin powerpicks yang ada kepada lawan mereka.

Contoh dari powerpicking di fase pertama rotasi pick adalah :

  1. Team Biru yang mendapat first pick mengambil Corki di rotasi pertama.
  2. Team Merah melihat bahwa Alistar dan Corki kebuka dan mereka dapat mengambil 2 champion di rotasi satu maka dua champion itu yang dipilih.

Powerpicking sendiri sangat mempengaruhi gameplay dan hasil dari satu match karena champion – champion yang dapat dikategorikan sebagai powerpick adalah champion – champion yang sedang overpowered ( OP ) dalam patch tersebut. Contoh real dapat dilihat dari match antara Echo Fox vs Team Solomid di NALCS Spring Split Week 7 2016. Echo Fox langsung mengambil Corki di firstpick dan TSM melihat Corki sudah diambil , langsung secure Kalista dan Alistar yang merupakan ADC dan Support paling dominan di patch 6.3 yang sedang digunakan.

Exit mobile version