7 Prediksi Hideo Kojima yang Benar-Benar Terjadi di Dunia Nyata

Prediksi Hideo Kojima

Prediksi Hideo Kojima – Hideo Kojima merupakan seorang pencipta game yang sudah melegenda. Sebut saja serial Metal Gear dan Death Stranding. Keduanya merupakan game yang sangat populer di kalangan gamer. Kojima memang terkenal dengan ide game yang tidak biasa dan bahkan beberapa kalangan mencapnya ‘gila.’

Tidak banyak kreator game yang punya status layaknya selebriti seperti Hideo Kojima. Biasanya jika membahas hal yang terkenal dari sebuah game, tentu orang hanya mengingat studio atau publisher. Kojima sendiri memang sangat menggemari medium game dan tetap ingin membuat game meski dia telah digantikan oleh AI sekalipun.

Namun banyak gamer yang menyadari jika ada hal yang menarik dari sesosok Hideo Kojima diluar dari game yang diciptakan. Pria paruh baya ini terkenal dengan prediksinya dalam game beberapa kali. Saking jitunya, pencarian di mesin pencari dengan menuliskan ‘prediction Hideo Kojima’ atau ‘Hideo Kojima predictions’ memunculkan beberapa artikel yang membahas soal ini.

Setelah mengumumkan game Death Stranding 2, Kojima mengaku harus menulis ulang skrip Death Stranding 2 agar tidak dicap menjadi cenayang. Seperti apa prediksi Kojima yang benar-benar terjadi di dunia nyata?

Prediksi Hideo Kojima yang Menjadi Kenyataan

Prediksi Hideo Kojima jadi nyata

Berikut ini 7 prediksi Hideo Kojima yang benar-benar telah terjadi di dunia nyata:

1. Prediksi Hideo Kojima Tentang Privasi Digital

MGS2: Sons of Liberty

Seperti yang sudah kita ketahui, maraknya dunia digital sudah tidak bisa dibendung lagi di zaman sekarang. Sebut saja berbagai platform seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan Whatsapp sudah menjadi makanan lumrah di lingkungan sekitar kita.

Tidak sedikit pula yang mengakses data pengguna seperti kasus Cambridge Analytica dan Facebook beberapa waktu lalu. Ternyata kejadian seperti ini sudah pernah diprediksi oleh Kojima lewat game Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty. Padahal game ini hadir di tahun 2001 dimana di zaman itu kehadiran media sosial belum masif seperti sekarang.

2. Kehadiran Drone Warfare

MGS4: Guns of the Patriots

Pada game buatan Kojima, kehadiran drone sudah menjadi hal lumrah. Seri game Metal Gear Solid memang sebuah game yang mengambil tema perang. Pada game Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots yang hadir di tahun 2008, Kojima memprediksikan penggunaan drone nirawak dalam perang sebagai pengganti pasukan militer.

Satu dekade kemudian, penggunaan drone dalam militer benar-benar terjadi dan menurut berbagai sumber, market ini akan terus berkembang kedepannya. Prediksi Kojima sekali lagi tepat sasaran.

3. Penyebaran Berita Hoax dan Manipulasi Data

MGS2: Sons of Liberty

Selain menyangkut soal privasi di media sosial, Kojima juga pernah memprediksi tentang penyebaran hoax yang kini marak beredar di jagat maya terutama di media sosial. Pada game Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, sebuah kutipan legendaris yang dipercayai oleh beberapa kalangan yang mengungkap era digital akan menimbulkan banyak sekali berita yang dibuat untuk menyenangkan kelompok mereka.

Ungkapan ini tentu sangat relevan di zaman sekarang. Banyak yang disuguhi berita hoax dan yang sudah dimanipulasi oleh berbagai pihak dengan tujuan menyesatkan masyarakat. Maraknya kehadiran rumor dan hoax di media sosial sudah tak terbendung lagi dan sedikit banyak membuat prediksi Kojima terasa tepat.

4. Manipulator Dibalik Layar

The Patriots

Pecinta teori konspirasi akan sangat amat relate dengan poin ini. Jika kalian menganggap dunia ini sebenarnya dikontrol oleh segelintir kelompok, Kojima juga pernah memprediksi ini lewat game ciptaannya Metal Gear Solid.

Dalam game buatan Kojima, ada sebuah organisasi bernama The Patriots yang menguasai segala aspek di AS mulai dari ekonomi, informasi, hingga distribusi. Walau tidak adanya bukti konkrit di dunia nyata bahwa benar adanya sebuah organisasi yang bisa menguasai global, nyatanya banyaknya teori konspirasi yang beredar juga punya bukti yang cukup kuat dan menjurus ke arah sana.

5. Bahan Bakar dari Alga

Metal Gear 2: Solid Snake

Di tahun 1990an, menggunakan bahan bakar selain fosil adalah mimpi yang tidak mungkin tercapai. Namun sepertinya Kojima tidak setuju akan hal ini. Pada game buatannya Metal Gear 2: Solid Snake, Kojima mengenalkan sebuah dunia yang tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil dan melainkan menggunakan alga sebagai bahan bakarnya.

Bahan bakar alga baru rilis secara komersial di pasaran di tahun 2012. 22 Tahun setelah rilis, prediksi tersebut benar-benar terjadi.

6. Kehadiran Cloud Gaming

Kojima Productions

Jauh-jauh dari prediksi game, Kojima di tahun 2010 lalu juga pernah memprediksikan soal cloud based gaming. Menurut Kojima, di masa depan gamer bisa memainkan game dari platform mana saja. 

Fastforward ke beberapa tahun kedepan, tentu kita sudah tidak asing dengan yang namanya cloud gaming seperti NVIDIA GeForce Now, PlayStation Now, dan Google Stadia. Jadi bisa dikatakan Kojima berhasil memprediksi penggunaan cloud based gaming di masa sekarang.

7. Lockdown Pandemi COVID-19 dan Ancaman Tak Terlihat

BT’s Death Stranding

Siapa sangka jika game Death Stranding yang hadir beberapa bulan sebelum pandemi berhasil memprediksikan kondisi lockdown dan keadaan manusia yang terisolasi satu sama lain. Dalam cerita Death Stranding sendiri memang tidak berhubungan dengan pandemi ataupun wabah virus. Namun manusia tetap saling menghindari satu sama lain dan saling tidak percaya.

Para manusia yang kini tinggal di bawah tanah dan takut dari ancaman tak terlihat seperti BT sedikit banyak memiliki kemiripan dengan pandemi yang melanda dunia 2020 kemarin. Jadi tidak heran banyak yang menyamakan kehadiran game Death Stranding paralel dengan pandemi coronavirus.

Dimasa pandemi, kehadiran seorang kurir adalah penyelamat dimana dunia sedang menjalani lockdown. Hal ini pula yang menjadi kesamaan antara Death Stranding, menghadirkan karakter Sam yang bersusah payah menjadi kurir untuk menyelamatkan dunia. Akibat dari prediksi yang tidak disengaja ini, Hideo Kojima harus membuat ulang cerita game Death Stranding 2

Jadi itulah 7 kali prediksi Hideo Kojima benar-benar terjadi. Walau hanya sebatas kebetulan atau bukan, peristiwa-peristiwa ini setidaknya membuka mata kita akan dampak buruk yang dibawa oleh era digital dan tetap selalu waspada.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Hideo Kojima atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version