Presiden Nintendo: “Konsol Game Rumahan akan Kami Tinggalkan di Masa Depan”


Follow Us

Demi berusaha fleksibel ?

Nintendo Switch memang adalah suatu terobosan besar Nintendo yang patut diperhitungkan baik oleh Sony maupun Microsoft. Lewat adanya suatu fleksibilitas yang ditawarkan, Switch merupakan suatu konsol menarik yang bisa dimainkan baik secara rumahan di layar TV besar ataupun secara handheld yang bisa kamu bawa kemana-mana.

Nulis artikel dibayar

Melalui keunikan tersebut, Nintendo Switch sepertinya akan menjadi awal permulaan yang menandai keprogresifan kultur dunia industri game saat ini. Dilansir dari satu wawancara pendek pihak Nikkei kepada Shuntaro Furukawa selaku presiden Nintendo, beliau mengungkapkan pandangan, tantangan, beserta dengan rencana yang akan siap dirinya tempuh demi membawa genderang Nintendo ke arah yang lebih diekspektasikan lagi.

Presiden Nintendo sekarang, Shuntaro Furukawa

Berikut adalah hasil wawancara yang sudah ditranslasikan oleh pihak Nintendo Everything.

Nikkei: Nintendo selama ini sudah memproduksi berbagai jenis software dan hardware dalam jumlah yang cukup banyak. Tidakkah ini juga memunculkan suatu resiko bagi perusahaan anda sendiri ?

Furukawa: Karena kami merupakan pelaku industri hiburan, kami tidak bisa berbuat apa-apa perihal resiko tersebut. Yang terpenting, kami punya prinsip untuk tetap bisa menawarkan suatu pengalaman yang inovatif dan unik kepada para gamer-gamer yang memainkan game kami di seluruh dunia.

Saya tidak mau developer kami terlalu banyak berpikir seperti “Apa yang harus kami lakukan apabila kami gagal ?“. Peran terpenting saya sendiri di sini adalah memastikan bahwa saya bisa memfasilitasi mereka untuk mengembangkan kemampuan dari para developer dalam berkreasi dan berinovasi.

Karena saya sendiri bukanlah developer profesional, saya biasa menyerahkan proses pengembangan kepada para leader yang jauh lebih mengerti tentang mana game yang bagus dan yang tidak.

Nikkei: Oh jadi anda sepenuhnya memberi mereka kebebasan ?

Furukawa: Tentu merupakan hal yang tidak bertanggung jawab apabila saya menyerahkan semuanya kepada mereka. Saya selalu menyediakan banyak waktu untuk meyakinkan bahwa orang-orang yang telah saya percayai dan saya sendiri mempunyai suatu pemahaman yang sama-sama saling bersinergi.

Mengenai keputusan tentang bagaimana kita harus meningkatkan kemampuan inovasi kami beserta dengan arah yang hendak Nintendo tuju, saya mendasarkan keputusan akhir saya pada cara berpikir para masing-masing leader yang sudah saya percayai.

Memberi mereka kebebasan yang terlalu penuh menurut saya bukanlah hal yang baik. Karena saya juga ingin ada titik tengah di antara kebebasan dan kedisiplinan yang sudah saya terapkan.

Nikkei: Pernahkah anda mengalami suatu dilema dalam melakukan inovasi, dimana efek dari kesuksesan di masa lalu sangat begitu besar dan membuat anda kesulitan untuk berinovasi di masa-masa sekarang ini ?

Furukawa: Kami tidak terlalu terpaku dengan karya-karya konsol yang sudah lama kami buat. Ambil contoh sekarang saja, kami sudah berhasil menawarkan suatu keunikan lewat produk Nintendo Switch dimana itu adalah bentuk pengalaman yang kami maksud. Arus pergerakan teknologi akan selalu berubah, demikian juga dengan kami yang tetap berusaha untuk selalu fleksibel dalam menawarkan segala macam keunikan selama waktu masih terus berjalan.

Kami sudah mengembangkan konsol selama lebih dari 30 tahun. Sejarah dari Nintendo sendiri justru malah jauh lebih lama dari itu. Dari beratnya perjuangan yang pernah kami rasakan, satu hal yang paling kami pikirkan adalah apa yang akan kami lakukan selanjutnya.

Dalam jangka panjang, fokus bisnis kami mungkin sudah akan bergeser atau semakin menjauh dari platform-platform konsol yang bersifat rumahan. Karena bagaimana pun juga, fleksibilitas itu sangatlah penting dan berbanding lurus dengan matangnya perencanaan.

Nikkei: Apakah anda telah merasakan adanya gejala naik turun di bisnis perusahaan anda saat ini ?

Furukawa: Saya sudah memikirkan sedikitnya cara untuk mengatasi ketidakstabilan yang sudah dialami. Salah satunya dengan meningkatkan kuantitas dari jumlah game-game kami di platform smartphone.

Kami juga sudah mendirikan beberapa taman hiburan dan bekerja sama dengan pihak-pihak di bidang perfiman demi memperkuat brand kami. Saya pribadi berharap bahwa semuanya bisa menjadi faktor kuat yang dapat menjaga kestabilan perusahaan kami.

Dari kumpulan wawancara di atas, Nintendo sepertinya masih tetap akan berusaha memberikan suatu hal berbeda dan baru bagi perkembangan industri video game. Namun, mereka sepertinya sudah tidak mau lagi untuk terus melekatkan diri pada kesuksesan di masa lalu. Melihat bahwa masa depan konsol rumahan ternyata malah akan segera dianggap filler bagi salah satu pelaku industri game tertua ini, apakah kamu cukup setuju dengan suatu preferensi yang siap mereka realisasikan di masa mendatang ?

BACA JUGA  Astral Chain Gabungkan Elemen NieR+Bayonetta dalam Gameplay Perdananya

Sumber: Nikkei (via Nintendo Everything)


Jangan lupa untuk membaca informasi lain terkait Nintendo, beserta dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item