Pria yang Lahir Tanpa Mata Berbagi Pengalamannya Bermain Video Game


Follow Us

Pernahkah kamu mencoba selesaikan game dengan mata tertutup? Tentu saja tidak karena secara logika hal tersebut tak mungkin dilakukan karena game terlalu mengandalkan visual untuk diselesaikan. Namun hal tersebut ditangkis oleh pria bernama Toby Ott, dia telah menjadi penggemar video game sejak umurnya 5 tahun, dan dirinya bahkan tak mampu untuk melihat apa yang tidak mainkan.

Nulis artikel dibayar

Pria berumur 27 tahun ini menderita kondisi yang dinamakan bilateral anopthalmia yang berarti dia lahir tanpa mata. Meskipun dengan keterbatasannya ini, dia akui begitu menyukai video game meskipun dia tak pernah memandang apa yang dia kontrol dan mainkan.

BACA JUGA  Nintendo Anggap Cloud Gaming Sebagai Gagasan Yang "Kurang" Menjanjikan

“Video game begitu menantang untuk dimainkan karena begitu visual tetapi aku menyenangi tantangan untuk mempelajari cara bermain game tersebut,” ungkap Toby. Dia akui merupakan penggemar game Fighting seperti Mortal Kombat, RPG seperti Final Fantasy X dan game Shooter seperti Doom.

Lalu bagaimana cara Toby memainkan game-game ini tanpa melihatnya sama sekali? Dengan mendengarkan seluruh audio yang dikeluarkan dari game. Dari suara yang ada di background, suara musik soundtrack hingga tijakkan kaki dari karakter, Toby dapat menentukan dimana posisi karakternya sekarang ini.

Dia meminta bantuan kerabat dan temannya sekedar untuk mempelajari menu-menu yang ada di game agar dia dapat hafal berapa kali tekan untuk menuju opsi yang dia inginkan. Setelah dia hafal, keseluruhan game dia mainkan sendiri tanpa bantuan orang lain lagi.

BACA JUGA  Nintendo Anggap Cloud Gaming Sebagai Gagasan Yang "Kurang" Menjanjikan

Saat bermain Final Fantasy X, Toby akui memakan 8 minggu untuk kalahkan satu boss di game, yang tergolong waktu yang sangat lama namun bisa dimengerti karena keterbatasan yang dia miliki.

Dalam bermain game Shooter seperti Doom dan Duke Nukem, Toby mengatakan dirinya hanya bisa memainkan game tersebut menggunakan cheat. Karena level-level dari kedua game tersebut memang semakin lama semakin kompleks dan bagaikan labirin yang penuh pintu terkunci dan jebakan.

BACA JUGA  Nintendo Anggap Cloud Gaming Sebagai Gagasan Yang "Kurang" Menjanjikan

Sebagai gamer tanpa indra penglihatan, Toby meminta developer game untuk terus kreatif dalam membuat musik soundtrack dan voice acting di game, karena itulah satu-satunya cara untuk gamer seperti Toby dapat mengetahui lokasi, kondisi dan bahkan cerita dari game yang dia mainkan.

Untuk mengenal lebih dari sosok Toby Ott ini, kamu bisa lihat selengkapnya di dokumenter berjudul “Gaming Through New Eyes” dibawah ini:


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item