Prize Pool The International 7 Memecahkan Rekor Baru, Berapa Total Keuntungan Valve Dari Penjualan TI7 Battle Pass ?

1211

Sudah tak mengherankan lagi kalau total hadiah dari serial The International akan memecahkan rekor total hadiah untuk cabang olahraga lagi. Rekor sebelumnya yang dipegang oleh The International 6 dengan total hadiah sebesar $20,770,460 atau jika dirupiahkan menjadi sekitar 270 milyar rupiah sudah dipatahkan oleh prize pool The International 7 beberapa hari yang lalu.

Sistem prize pool yang diterapkan oleh Valve ini pertama kali diimplementasikan pada ajang The International 2013 yang dimenangkan oleh Alliance. Pada saat itu, total prizepool yang terkumpul baru mencapai $2,874,380. Namun setiap tahunnya, komunitas pemain DOTA 2 nampaknya terus berkembang dan membawa prize pool The International menjadi yang terbesa diseluruh dunia.

Sistemnya sederhana, dimana prize pool akan bertambah setiap pembelian Battle Pass atau dulu lebih dikenal sebagai Compendium yang berisikan banyak hak-hak istimewa seperti kosmetik gratis, sistem MMR Khusus, dan banyak bonus lainnya. Dari Battle Pass atau Compendium yang biasa dihargai $10, 25%nya atau sekitar $2,5 akan masuk kedalam Prize Pool yang dimulai dari angka $1,600,000.

75% dari pembelian Battle Pass itu akan masuk ke kantong Valve pastinya, dan penasaran gak kamu berapa banyak keuntungan Valve yang mereka dapatkan hanya dari penjualan Battle Pass ?

Sampai 20 Juli 2017 menurut Prize Pool Tracker, prize pool The International 7 sudah mencapai total sebesar $21,780,524. Jika dikurangi dengan prize pool awal, maka tambahan prize pool yang didapat dari penjualan Battle Pass sudah sebesar $20,180,524. Prize pool tambahan yang masuk adalah 25% dari setiap pembelian Battle Pass tahun ini dan uang yang masuk ke kantong Valve sebesar 75% dari setiap pembelian.

Maka Valve kurang lebih telah meraup untung sebesar tiga kali lipat dari jumlah pertambahan prize pool The International 7 atau sekitar $60,541,572 yang kalau dikonversi ke mata uang rupiah sebesar Rp. 807,140,237,904 alias sudah melewati angka 800 Milyar. Keuntungan ini baru saja dari penjualan Battle Pass, belum lagi ditambah pembelian level Battle Pass dan segala lainnya yang berhubungan dengan The International 7.

Diperkirakan, keuntungan Valve tahun ini sudah melewati angka 1 Trilliun Rupiah atau sekitar 75 juta dollar amerika sebelum pajak hanya dari persiapan perhelatan The International 7. Jadi kita boleh berharap, bahwa The International 7 tahun ini akan menjadi salah satu ajang pertandingan DOTA 2 terbaik dari beberapa tahun kebelakang.

Pantas saja Valve cukup berfokus apda DOTA 2 tahun ini, karena memang DOTA 2 menjadi salah satu lahan keuntungan Valve yang sangat subur setiap tahunnya walau hanya berupa game Free-to-play. Kalau kalian-kalian sendiri sudah nyetor berapa ke Gaben tahun ini ?


..

..

..

..

*Disclaimer, seluruh perhitungan diatas nilainya belum dipotong pajak yang berlaku*

cover pemanis diambil dari sini, gambar pemanis dari sini, dan sini

Exit mobile version