Ikuti Aturan Baru, Produk Apple Seperti iPhone Ke Depannya Bakal Lebih Mudah Diperbaiki

Produk Apple

Pengguna produk Apple mungkin sebentar lagi akan merasakan suka cita karena Apple baru saja memberikan pernyataan kalau mereka bakal mengikuti aturan baru yang dimandatkan oleh Presiden AS Joe Biden.

Adapun Presiden AS tersebut kian lantang menggalakkan right-to-repair atau hak memperbaiki sendiri produk elektronik seperti smartphone, laptop, dan perangkat sejenis. Apple menjawab hadirnya peraturan baru ini di acara gedung putih beberapa waktu lalu.

Produk Apple Seperti iPhone Disebut Bakal Lebih Mudah Diperbaiki Usai Aturan Baru AS

Benar bisa lebih mudah diperbaiki?

Melansir dari Reuters, Apple VP of Service and operations, Brian Neumann kemukakan kalau Apple percaya siapa saja akan mendapatkan manfaat dari aturan nasional baru yang menyeimbangkan perangkat yang mudah diperbaiki dengan integritas produk, kegunaan, dan keamanan produk.

Ia juga menambahkan kalau Apple akan menjunjung tinggi peraturan baru California ini dan berlaku untuk seantero Amerika Serikat. Ke depannya, Apple akan menyediakan dokumentasi berupa manual, alat, dan suku cadang bagi mereka yang membutuhkan dengan harga rasional.

Apple tetap ingin kualitas produk mereka tidak berubah

Hanya saja, Apple tetap menginginkan kalau produk mereka tetap tidak berubah dari segi keamanan. Seperti halnya produk Apple memang lebih anti maling karena fiturnya yang mengunci hardware maupun software.

Apple juga ingin parts atau bagian hardware yang digunakan untuk memperbaiki produk mereka datang dari sumber yang jelas hingga tetap mempunyai satu standar kualitas saja. 

Sebelumnya Sudah Dukung Aturan di California Tentang Right-to-Repair

Sebelumnya sudah dukung peraturan di California

Ini juga bukan pertama kalinya Apple mendukung keputusan pemerintah dalam pergerakan right-to-repair. Bulan Agustus lalu, raksasa di Cupertino ini mendukung peraturan baru di California tentang hak dalam memperbaiki dan harus menyediakan suku cadang iPhone setidaknya sampai 7 tahun setelah produk tersebut rilis.

Hanya saja seperti yang kita ketahui, Apple masih saja bisa mengunci part yang diperbaiki dengan software seperti yang sudah-sudah. Pengguna yang ingin memperbaiki sendiri harus kontak terlebih dahulu ke pihak Apple untuk lakukan kalibrasi parts baru dengan produk dimaksud.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version