Produser Sword Art Online Alicization Lycoris Jawab Kemungkinan Gamenya ke Switch

in , , ,
Apakah Bandai Namco akan porting gamenya ke Switch?

Adaptasi serial anime Sword Art Online Alicization dengan kisah yang sudah semakin “gelap”. Bandai Namco nampaknya masih ingin game JRPG Sword Art Online Alicization Lycoris untuk rilis tepat waktu meskipun saat ini mereka sudah bekerja dari rumah.

Game yang rencananya dirilis pada tanggal 10 Juli 2020 nanti tersebut akan fokus untuk sambangi tiga platform utama, PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Namun dengan adanya pandemi yang telah berlarut-larut, sepertinya banyak gamer yang ingin gamenya diporting ke Nintendo Switch. Kabar baiknya, Bandai Namco akhirnya berikan kejelasan tentang hal tersebut.

Melalui livestream darurat dari Produser Sword Art Online Alicization Lycoris, Yousuke Futami menjawab beberapa pertanyaan fans, mulai dari durasi hingga kemungkinan porting ke Nintendo Switch. Futami menjelaskan bahwa ia sendiri sulit untuk menentukan berapa jam durasi gamenya, namun ia memperkirakan bahwa Sword Art Online Alicization Lycoris akan miliki durasi sekitar 50-60 jam untuk memainkannya. Jika kamu menyelesaikan semua side questnya, maka kamu akan memainkan gamenya lebih lama lagi.

Sementara, bagi kamu yang memainkannya hanya untuk menikmati ceritanya saja. Futami menjelaskan bahwa kamu akan membutuhkan setidaknya 30 jam untuk menamatkan kisah utama Sword Art Online Alicization Lycoris.

Ketika menjawab pertanyaan kemungkinan porting ke Nintendo Switch, Futami tak bisa menentukan apakah mereka akan melakukannya atau tidak. Ia juga tak berani menjanjikan para fans apakah porting Sword Art Online Alicization Lycoris memungkinkan. Ia hanya mengatakan pada para fans untuk bersabar, karena jika mereka benar-benar melakukannya maka mereka akan menginformasikannya. Sementara jika tidak, mereka tidak akan mengumumkannya sama sekali.


Futami juga menjelaskan kemungkinan porting Sword Art Online Hollow Fragment ke Nintendo Switch. Ia mengatakan bahwa mereka pernah berpikir untuk melakukannya, namun karena masalah finansial, mereka tidak melakukannya. Setidaknya untuk saat ini. Ia juga menjelaskan bahwa melakukan porting dari satu console ke console lain membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Ini tentu menjadi sebuah pernyataan yang wajar, mengingat biaya untuk melakukan remaster game sekelas The Wonderful 101 milik Platinum Games saja membutuhkan dana setidaknya 5.4 juta yen atau sekitar 540-550 juta rupiah. Asumsikan bahwa porting game menjadi sesuatu yang kemungkinan bisa lebih tinggi dari dana remaster.

Sword Art Online Alicization Lycoris rencananya akan dirilis tanggal 10 Juli 2020 di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Menurut Futami, keputusan ini sudah final dan kemungkinan besar takkan ditunda lagi, kecuali memang terdapat hal darurat yang terjadi. Tentunya akan menarik untuk melihat bagaimana sepak terjang game yang telah dikembangkan selama empat tahun tersebut saat dirilis nanti.


Baca lebih lanjut tentang Sword Art Online Alicization Lycoris, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at author@gamebrott.com