Produser Yakuza 7 Jelaskan Mekanisme Gelut Baru ala Game RPG-nya

in ,

Hadirnya Yakuza 7 dengan karakter baru, Ichiban Kasuga, memang secara tak langsung memberikan sebuah angin segar setelah 6 serial utama sebelumnya (ditambah Yakuza 0) selalu dibintangi oleh Kazuma Kiryu. Namun tidak hanya karakter utama, mekanisme gelutnya yang sedari dulu penuh aksi dan langsung hajar dengan combo, kali ini sang developer, Ryu Ga Gotoku Studio, justru merubahnya menjadi semacam mekanisme turn-based ala game RPG atau JRPG.

Sang developer sendiri menyadari bahwa mungkin akan banyak fans yang tidak senang maupun kecewa dengan perubahan ini. Sang developer juga berharap agar fans dapat menerima perubahan ini dengan pikiran terbuka, dan jika memang tidak berhasil memikat hati fans saat perilisannya nanti, serial Yakuza berikutnya akan kembali ke formula awal.

Pengumuman Yakuza 7

Dalam mengantisipasi respon awal fans yang agaknya kurang positif tersebut, Masayoshi Yokohama selaku produser untuk Yakuza 7, melalui serangkaian cuitannya di Twitter, beliau sedikit menjelaskan hal-hal yang bisa diekspektasikan dari Yakuza 7, terutama mekanisme gelut baru mereka yang memiliki nama ‘Live Command RPG Battle’ (via Nmia Gaming). Berikut akan penulis coba jabarkan seakurat mungkin, karena sampai saat ini belum ada trailer khusus yang memperlihatkan atau menjelaskan gameplaynya secara langsung.

Mekanisme Live Command RPG Battle sendiri berbeda dengan mekanisme RPG turn-based pada umumnya yang dimana para karakter dan musuh berdiam di tempat dan saling menunggu giliran untuk melakukan aksi. Dalam Yakuza 7, semua karakter dan lingkungan sekitar kita akan tetap bergerak secara real-time, dimana hal ini menjadi salah satu hal utama dalam Live Command RPG Battle.

Karakter-karaktermu akan memiliki status yang dapat mempengaruhi berbagai hal seperti keampuan menyerang hingga giliran untuk beraksi. Kemudian jarak antar karaktermu dengan musuh yang diincar juga menjadi satu hal yang cukup penting, dimana hal tersebut akan menentukan aksi yang akan keluar secara otomatis. Misal, saat memilih aksi untuk menyerang, jika musuh yang diincar dekat, maka karaktermu akan langsung menghajarnya, jika musuh yang diincar jauh, karaktermu mungkin akan berlari untuk mendekat dan melakukan serangan jump kick. (red)

Sama seperti serial-serial sebelumnya, dalam Yakuza 7, kamu tetap bisa memanfaatkan lingkungan dan benda-benda yang ada disekitar karaktermu. Misal, saat memilih aksi menyerang, karaktermu bisa saja menggunakan sepeda yang tergeletak untuk menyerang atau melemparkannya ke musuh yang diincar, atau memanfaatkan lingkungan untuk meluncurkan serangan seperti heat action pada serial Yakuza sebelumnya. Perlu diketahui juga bahwa aksi-aksi tersebut juga bergantung pada kelas dan keunikan karakter-karaktermu.

Tidak sampai disitu, lingkungan sekitarmu juga bisa jadi ancaman buat karakter-karaktermu. Sebagai contoh, saat karaktermu mengeksekusi aksi yang kamu pilih, karaktermu bisa saja justru tersandung papan iklan atau sepeda yang tergeletak di jalanan. Sang produser bahkan menjelaskan bahwa karaktermu bisa saja tertabrak mobil ketika terlempar ke jalanan akibat serangan musuhmu.

Lebih lanjut, musuh yang karaktermu tidak incar bisa mencegat seranganmu secara tiba-tiba. Seperti saat mengincar boss misalnya, anak buahnya bisa saja menghadangmu dan target aksi serangan karaktermu berpindah kepadanya. Namun, beberapa karakter memiliki kemampuan untuk menyerang beberapa target sekaligus, seperti menggunakan serangan sweep atau serangan jarak jauh.

Sang produser juga menyatakan bahwa tidak ada situasi pertarungan yang sama persis. Sehingga hal ini tentunya menjadi satu hal positif yang menutupi kekurangan mekanisme gelut game-game Yakuza sebelumnya yang cenderung cepat membosankan, serta variasi gelut antar serialnya yang bahkan tidak jauh berbeda antar satu dengan yang lain.

Walau belum ada video ataupun trailer resmi yang menunjukkan secara detail mekanisme yang telah penulis jabarkan di atas, sang produser juga menjanjikan bahwa pihak developer akan merilis detail mekanisme gelut barunya tersebut dalam waktu dekat. Perlu diingat juga bahwa beberapa bulan yang lalu, sang developer sempat merilis sebuah trailer game Yakuza yang juga menunjukkan gameplay ala RPG sebagai bagian dari April Mop. Mekanisme ala game RPG pada video April Mop ini mungkin akan sama dengan game Yakuza 7 saat perilisannya.



Penulis sendiri sebenarnya cukup tertarik akan keputusan yang berani dilakukan oleh sang developer ini. Sudah 7 serial utama yang berada di lokasi yang lama dan aksi gelut yang cenderung sama, bahkan untuk game terbarunya Judgment. Sehingga serial Yakuza terbaru yang juga berpindah lokasi menjadi di Yokohama ini agaknya akan menjadi satu game Yakuza yang benar-benar segar.

Namun satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah kita bisa mengekspektasikan cerita drama penuh aksi yang benar-benar terasa seperti menonton serial tv maupun film crime action berkualitas. Tidak ketinggalan, hadirnya wanita-wanita menawan yang mungkin sering kamu temui saat berselancar di website nakal, juga menjadi salah satu nilai jual serial game Yakuza.

Yakuza 7 rencananya akan rilis untuk platform PS4 pada 16 Januari 2020 untuk region Jepang terlebih dahulu, versi Inggrisnya juga akan meluncur di tahun yang sama.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Yakuza 7 atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]