Program “Mod Berbayar” Dimulai, Fallout 4 Langsung Dibanjiri Review Negatif

fallout 4 creation club beta announcement content listing

Ada beberapa hal yang buat gamer dari Bethesda banyak digemari gamer. Open World yang luas, quest yang banyak, dan tentu saja komunitas modding yang ramai. Sangking ramainya komunitas modding di game seperti Skyrim dan Fallout 4, membuat Bethesda mulai memonetisasi fitur mod dengan mod berbayar di Steam beberapa tahun yang lalu. Sistem tersebut ditolak mentah-mentah karena protes gamer dan dihapus oleh Valve.

Pada E3 beberapa bulan yang lalu, Bethesda kembali mencoba hidupkan sistem mod berbayar ini dengan Creation Club. Mereka tak mau memanggilnya mod berbayar karena mod masih tetap banyak yang gratis dan program ini hanya akan memilih konten berkualitas saja yang dimonetisasi, tapi komunitas gamer tetap saja menganggap ini sebagai mod berbayar, dan lebih parahnya ini lebih seperti microtransaction yang mereka bahkan tak buat sama sekali.

Tentu saja program Creation Club ini kembali diprotes gamer, tapi tak seheboh kemarin, membuat program ini akhirnya didebutkan via udpate Fallout 4 hari ini.

Disisi baiknya, tak semua item dari Creation Club harus dibayar, ada yang bisa didapatkan via menyelesaikan quest dan membuatnya di fitur crafting. Tapi keberadaan program ini tetap mengusik banyak gamer, dalam hitungan menit program ini didebutkan, halaman Steam Fallout 4 mulai dibanjiri review negatif.

Modder memang perlu support atas kerja keras mereka, namun cara yang dilakukan oleh Bethesda takkan pernah diterima oleh komunitas gamer. Mereka setuju dengan ide memberikan uang ke modder, namun dengan korporat besar ikut menengahi ide tersebut dianggap sebagai cara perusahaan untuk dapatkan uang sebanyak mungkin tanpa melakukan apapun ketimbang memang ingin mempermudah pemberian support ke modder.

Cara terbaik untuk membantu modder adalah dengan memberikan opsi donasi pada layanan mod official dari Bethesda atau bahkan di Nexusmod tanpa mereka mengambil sepeserpun. Tapi kemungkinan hal tersebut akan terjadi akan sangat minim atau tak mungkin sama sekali.

Apakah Creation Club ini akan terus ada atau tidak, semuanya ada di tangan komunitas gamer sendiri. Kemungkinan de javu beberapa tahun kemarin bisa saja terjadi lagi apabila gamer bersama-sama menolak keberadaan program ini.

Exit mobile version