Programmer Capcom Ungkap Mod Game Itu Harus Diblok, Kenapa?

Programmer Capcom Mod

Programmer Capcom ModMod menjadi salah satu hal unik yang terjadi dalam komunitas game. Itu karena mod-mod tersebut memiliki berbagai macam keunikan, mulai dari penambahan konte, perubahan, perbaikan, dan masih banyak lagi dibuat oleh Modder untuk komunitas gamenya.

Jika bagi gamer mod tersebut adalah sesuatu yang positif, berbeda halnya dengan salah satu Programmer Capcom menanggapi hal ini.

Alasan Mod Game Harus Diblok Menurut Programmer Capcom

Sebuah video di channel Youtube resmi Capcom R&D membahas tentang program anti-cheat serta anti-piracy yang dibuat oleh tim developer game Resident Evil dan juga Street Fighter.

Taro Yahagi selaku programmer Capcom menjelaskan secara detail di video tersebut mengenai sistem keamanan game mereka, termasuk juga membahas mengenai Mod game yang populer di komunitas gamer.

Dia mengatakan bahwa mod game sangat populer diantara para gamer karena mod tersebut membuat mereka bisa menambahkan ataupun mengubah fitur konten yang sudah ada di dalam game. Namun sang programmer menambahkan mod game itu seharusnya diblok oleh sistem anti-cheat dan anti-piracy karena cara kerja mod tidak jauh berbeda dengan program cheat.

Choo~~choo

Ketika salah satu slide persentasi menanyakan “apakah mod dalam game jadi target sistem anti-cheat atau anti-piracy?”, Yahagi mengatakan semua mod didefinisikan sebagai cheat, kecuali kalau mod tersebut telah didukung secara resmi oleh perusahaan.

Untuk Sistem Keamanan Game

Mod mengubah kostum ataupun model karakter dalam game adalah salah satu yang populer di komunitas Modder

Dia mengatakan hal seperti itu demi berjalannya fungsi dari program anti-cheat dan anti-piracy pada game Capcom. Selain itu semua mod buatan Modder yang tidak didukung secara resmi oleh perusahaan akan sulit dibedakan dengan cheat tools dari segi implementasinya.

Meskipun begitu, Yahagi mengakui kalau sebagian besar mod tersebut memberikan dampak positif pada game. Namun ada juga mod yang dapat merugikan perusahaan, terlebih adanya mod-mod yang dapat melanggar moral (seperti mod nakal).

Dia mengatakan kalau kedepannya Capcom akan mencoba meningkatkan sistem keamanan game mereka dalam segi mengubah kostum atau skin terhadap model karakter yang sudah ada.

Harap diingat pernyataan dari Taro Yahagi ini berdasarkan sudut pandang dari seorang programmer pengembang game di Capcom. Meskipun pernyataan tersebut ada pro dan kontra di mata para gamer maupun developer, namun hal tersebut dia ungkap berdasarkan pengalaman yang telah dia lakukan sebagai seorang programmer game.

Itulah informasi mengenai salah satu Programmer Capcom mengungkap pendapatnya mengenai mod dalam game yang menurutnya harus diblok dengan beberapa alasan dari sudut pandang sebagai tim developer game. Bagaimana menurut kalian dengan hal ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Capcom atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version