Project Scorpio Diumumkan, Hadir Dengan Spesifikasi Lebih Tinggi Daripada Xbox One dan PlayStation 4 Pro

in
Spesifikasi Project Scorpio dari Microsoft membuat Project Scorpio menjadi console terkuat saat ini.

Dilansir dari Eurogamer, hari ini Microsoft menepati janjinya untuk mengumumkan Project Scorpio. Console ini akan segera dirilis akhir tahun 2017 nanti. Seperti yang bisa dilihat di bawah, spesifikasi mesinnya jauh lebih tinggi daripada Xbox One dan PlayStation 4 Pro.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Spesifikasi Project Scorpio jika dibandingkan Xbox One dan PS4 Pro

Kombinasi di atas sama seperti 6 teraFLOPS yang dijanjikan di E3 2016 lalu. Menurut tech arm Eurogamer Digital Foundry, console ini mampu memainkan Forza Motorsport di resolusi native 4K dengan 60FPS dengan menyisakan beberapa power. Hal ini diperlihatkan oleh screenshot yang bisa kamu lihat di bawah, dimana gamenya hanya memakan 68.19% GPU saja saat dijalankan di resolusi 4K. Consolenya sendiri juga telah dibuat dengan integrated power supply dan teknologi cooler terbaik.

Xbox Core Platform Group Program Director, Kevin Gammill menjelaskan bahwa resolusi 4K lebih dari menampilkan 8 juta pixel ke layar monitor/TV, namun menampilkan kedelapan juta pixel tersebut dengan beberapa aset 4K sehingga terlihat lebih baik. Memberikan HDR, wide color gamut fidelity, dan seamless FPS yang lebih baik dibandingkan resolusi 1080p. Tidak hanya itu saja, spatial audio yang ditambahkan juga akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi player. Jadi, player yang memainkan console ini tidak hanya bisa menikmati visualnya saja, namun juga audionya yang indah.

Kevin juga menjelaskan bahwa mereka memiliki developer toop bernama PIX atau Performance Inspector for Xbox yang membantu mereka melakukan GPU trace capture. Tujuannya agar game dengan resolusi 900p atau lebih tinggi bisa berjalan di resolusi 4K di Scorpio.

Graphics Technical Fellow Andrew Goosen menjelaskan bahwa, untuk membuat game yang didesain untuk Xbox One berjalan di Scorpio membutuhkan waktu bertahun-tahun pengetesan dengan melakukan scan menggunakan PIX agar game-game tersebut bisa berjalan di resolusi render 4K Scorpio. Setelah proses scan selesai, tim tinggal mengatur beberapa setting console seperti memory bandwidth, render back-ends, dsb dan melakukan tweak design yang telah mereka buat agar bisa menjalankan game di resolusi 4K. Dengan dibantu arsitektur AMD yang sekarang menjadi jauh lebih baik, mereka dengan mudah mampu menemukan beberapa part yang menyebabkan bottleneck dan memperbaikinya menjadi lebih baik lagi. Mereka juga melipatgandakan jumlah shader engine dan shader back-end yang mampu meningkatkan triangle, vertex rate, dan fill rate sebanyak 2.7 kali lipat. Peningkatan cache GPU L2 menjadi 4 kali lipat juga harus mereka lakukan demi mencapai target mereka, resolusi 4K.

Silicon Distinguished Engineer, Nick Baker juga menjelaskan bahwa kualitas 4K memiliki texture dan render target yang lebih besar. Oleh karenanya, mereka membutuhkan memori bandwidth yang lebih besar. Dengan analisa yang dilakukan Andrew dan timnya, tim Nick dengan mudah mampu mengetahui bahwa bandwidth memori yang dibutuhkan lebih dari 300GB/detik yang menghantarkan mereka ke sebuah keputusan, yaitu memori bandwidth sebesar 326GB/detik. Ia juga menambahkan bahwa Scorpio menggunakan 384-bit GDDR5 dengan 12 channel yang masing-masing channel berisi 32 bit.

8GB dari total RAM sebesar 12 GB yang ada di arsitektur Scorpio bisa digunakan developer, dan sisanya digunakan oleh sistemnya. Hal yang memang dibutuhkan untuk menjalankan resolusi 4K. Baker juga menambahkan bahwa Scorpio tidak menggunakan teknologi terbaru AMD Ryzen, namun ia memiliki performa 36% lebih cepat yang lebih baik dari Xbox One yang ada sekarang. Alasan kenama Microsoft tidak menggunakan Ryzen adalah harganya. Console besutan Microsoft ini adalah produk untuk konsumen, jadi mereka ingin harganya nanti masih bersahabat dengan kantong konsumen.

Selain RAM, Audio processor juga ditingkatkan dengan menambahkan “spatial surround” ke 7.1 dolby surround yang juga ada di arsitektur Xbox One. Scorpio akan mensupport Dolby Atmos for gaming, Dolby Atmos for headphone, dan format buatan Microsoft sendiri HRTF yang dibuat oleh tim Microsoft Hololens.

Peningkatan Xbox GameDVR menjadi 4K/60FPS menggunakan HVEC codec juga membuat console ini mampu merekam video dengan full HDR effect. Sementara, display output HDMI 2.0 dan Supersampling juga dipasang di Scorpio, sehingga bagi kamu yang memiliki TV non 4K masih bisa berhemat. Power supplynya sebesar 245W, sebuah power supply yang paling efisien dalam sejarah Xbox. Sementara power socketnya sama seperti Xbox One S. Kamu bisa menonton video penjelasan spesifikasi lengkapnya di atas.

Source: Eurogamer

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]