Prosesor Intel 300 Dipastikan Meluncur, Sasar Pasar Entry-Level

Prosesor Intel 300

Gamer dengan budget terbatas yang ingin menjajal kemampuan prosesor Intel Generasi ke-14, tampaknya akan bahagia dengan kehadiran prosesor Intel 300. Dikatakan bahwa prosesor ini akan tuju pasar entry-level dengan kemampuan komputasi yang tidak usah diragukan kemampuannya.

Prosesor Intel 300 akan Menyasar Pasar Entry-Level

Goda kehadiran prosesor terbarunya

Mencari prosesor entry-level yang andal sebenarnya cukup menantang untuk dilakukan, karena bila kita salah pilih, akan berimbas ke semua aktivitas yang kita lakukan di depan komputer. Melihat celah tersebut, Intel coba meluncurkan prosesor Intel 300 yang tampak dikhususkan buat mereka yang memiliki dana terbatas.

Informasi terkait peluncuran prosesor Intel 300 ini dikonfirmasi oleh leaker ternama bernama Chi11eddog, dan dikatakan akan lengkapi lini prosesor Raptor Lake Refresh yang akan meluncur pada kuartal ketiga tahun ini.

Hanya akan dibekali 2 P-Core

Berdasarkan cuitannya, prosesor entry-level dari keluarga Raptor Lake Refresh tersebut hanya akan dipersenjatai dua core dan empat threads, lengkap dengan 6MB Cache. Konfigurasi ini umum kita temukan pada prosesor entry-level khas Intel, termasuk dengan konsumsi dayanya yang hanya ada di bawah 50W.

Tentu saja hampir tidak ada perbedaan secara masif, selain ditanamkannya 2 P-Core alih-alih E-Core untuk menjamin kemampuan komputasi dasar masih dapat terpenuhi dengan baik tanpa masalah sama sekali.

Bakal Gantikan Penamaan Intel Pentium Gold?

Tidak akan ada lagi Intel Pentium Gold ke depannya

Tentunya akan menarik bila kita ulik alasan di balik penamaan Intel 300 tanpa embel-embel nama tambahan di belakangnya. Besar kemungkinan hal ini dilakukan untuk mengikuti penamaan Intel Core Ultra yang menjadi standar penamaan prosesor Intel Generasi ke-14 tersebut.

Namun, alih-alih gunakan embel-embel ‘Ultra’ atau kata kuat lainnya, Intel lebih memilih untuk memasukkan angka, seolah menjelaskan secara tersirat bahwasanya prosesor tersebut akan ditujukan untuk entry-level, dan gantikan Pentium Gold supaya terlihat lebih relevan.

Saat ini, belum ada informasi terkait harga yang akan melekat pada prosesor entry-level dari kubu biru Intel satu ini selain waktu peluncurannya yang dikatakan akan ramaikan pasar pada kuartal ketiga tahun ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version