Prosesor Intel Alder Lake Gunakan Dua Ukuran IC yang Berbeda

Intel Alder Lake

Intel Alder Lake merupakan prosesor dari Intel yang merupakan Generasi Ke-12, dan diklaim akan mampu mengalahkan kompetitornya dalam semua sektor. Dilansir dari tom’sHardware, dikabarkan bahwa ternyata prosesor Intel Alder Lake menggunakan dua ukuran integrated circuit (IC) yang berbeda.

Standar Peruntukan yang Berbeda?

Dikarenakan ini merupakan teknologi terbaru dari Intel, mereka menerapkan hal ini untuk membedakan standar antar prosesor yang ditawarkan saat ini. IC yang digunakan untuk prosesor mahal akan memiliki ukuran yang besar, sedangkan untuk prosesor ‘murah’ akan memiliki ukuran IC kecil.

Berkat ukuran prosesor yang memang lebih besar dibanding pendahulunya, Intel harus memutar otak untuk memanfaatkan ruang yang tersedia secara maksimal. Namun, hal ini tentu harus dibarengi dengan solusi pendinginan yang lebih efisien, karena ruang yang besar akan membutuhkan pendinginan yang ekstra pula.

Ditambah dengan implementasi performance cores dan efficiency cores pada setiap prosesor Intel Generasi Ke-12, akan menjadi tantangan tersendiri untuk mendinginkannya.

Sekarang, Intel masih merilis prosesor tier menengah yang dimulai dari Intel Core i5-12xxx, dan belum ada tanda-tanda untuk prosesor low-end. Besar kemungkinan hal ini dilakukan oleh Intel untuk mengamankan posisi dan bertanding dengan kompetitornya.

Selain itu, berkat standar peruntukan dan ukuran yang berbeda tadi, solusi pendinginan yang dibutuhkan pun akan berbeda, tergantung jenis prosesornya. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihatnya pada gambar di bawah ini yang menunjukkan titik panas yang berbeda.

Perbandingan Intel 6P dan 16P

Intel Alder Lake yang memiliki 6 performance cores memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang memiliki 16 performance cores. Ukuran IC yang berbeda ini tentu akan membuat para calon penggunanya untuk semakin selektif dalam menentukan solusi pendinginan yang tepat.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah dengan diterapkannya dua ukuran IC yang berbeda ini akan menyusahkan penggunanya ketika membeli prosesor Intel Alder Lake? Yuk bagikan pendapat kalian melalui kolom komentar di bawah ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version