Prosesor Intel Alder Lake Ini Berikan Performa Melebihi Ekspektasi

Intel Alder Lake 2021

Raksasa biru bernama Intel, dengan deretan prosesor anyarnya yang miliki codename Alder Lake kembali menuai kesuksesan. Prosesor dengan socket LGA1700 dan tawarkan hybrid architecture ini diklaim mampu jadi solusi komputer zaman now. Kali ini, kembali kami mendapati prosesor Intel Alder Lake yang berikan performa melebihi ekspektasi.

Tak Melulu Terbatas untuk Kasta Sultan

Siapa bilang bahwa prosesor kuat hanya bisa dimiliki oleh para sultan? Meski terdengar klise, namun persepsi tersebut nampaknya harus disetarakan dengan perkembangan teknologi zaman now yang terbukti sangat laju. Bila dulu prosesor kuat nan gahar hanya bisa dimiliki oleh kasta sultan, tidak demikian dengan prosesor yang akan disinggung pada artikel ini.

Selain itu, sebuah prosesor kekinian tak melulu harus membutuhkan konsumsi daya yang bahkan membuat rumahmu njegleg.

Sumber: VideoCardz

Adalah Intel Core i5-12400, sebuah prosesor mid-end yang meski tak miliki hybrid architecture, namun sudah cukup untuk kalahkan prosesor terdahulu. Lawannya bukan prosesor ‘biasa’, melainkan kelas high-end seperti Intel Core i9-11900K, bahkan kalahkan kompetitornya yang miliki kemampuan serupa.

Dalam skenario single-thread dan multi-thread, kemampuan dari prosesor kelas menengah ini termasuk cukup memuaskan. Berdasarkan benchmark yang dilakukan oleh tom’sHardware, data-data di bawah menunjukkan bahwa setidaknya ada selisih dengan generasi sebelumnya.

Prosesor Intel Alder Lake mid-end ini ternyata menawarkan performa sedikit lebih cepat dibanding dengan Core i9-11900K. Lebih cepat sebanyak 6% dari Core i7-11700K, bahkan mampu asapi Core i5-11400 sebanyak 15.7%. Tentunya, ini merupakan kabar gembira terutama buat brott yang berencana untuk lakukan upgrade, bukan.

Tentunya raksasa biru Intel membuat prosesor ini untuk heads-on dengan AMD Ryzen 5 seri 5000, atau bahkan dengan seri 6000. Faktor yang membuat si biru menang tentu adalah karena banderol yang termasuk ramah di kantong dibanding sang kompetitor.

Terakhir, meski tidak memiliki efficiency cores, namun performa yang ditawarkan prosesor Intel Alder Lake Core i5-12400 ini patut diapresiasi, brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version