Prosesor Intel N100 Bisa Saingi Kemampuan dari Intel Core i5-7400

Intel N100

Apakah kalian masih ingat dengan prosesor entry-level semacam Atom atau Celeron? Kalau iya, mungkin kalian senang dengan peluncuran Intel N100 yang dikatakan mampu saingi kemampuan dari prosesor dengan empat inti dari generasi terdahulu.

Intel N100 Hanya Membutuhkan 6 Watt Saja

Informasi terkait prosesor Intel N100 yang mampu saingi kemampuan dari Intel Core i5-7400 ini kami lansir dari Wccftech, di mana kemampuan prosesor entry-level kekinian dari Intel ini, hadir dalam konfigurasi 4 core dan 4 thread, dengan TDP hanya 6 W.

Spesifikasi dari prosesor N100 dari Alder Lake-N

Berdasarkan informasinya yang dapat kalian baca di sini, prosesor yang memang dikhususkan untuk mobile dan hanya mendukung single-channel memori ini ternyata mampu untuk menaklukkan prosesor empat inti dari generasi sebelumnya.

Meski perbedaannya tidak terlalu kentara, namun ini merupakan sebuah pencapaian dari kubu biru Intel, di mana mereka mampu memproduksi prosesor yang tergolong mumpuni tanpa harus memakan daya besar.

Selisihnya bisa mencapai 10%

Kalau kalian melihat komparasinya di atas, terdapat selisih yang teramat tipis dari kedua prosesor yang beda peruntukan tersebut. Di mana prosesor Intel N100 yang dirancang untuk laptop, terbukti mampu kejar Intel Core i5-7400 yang dirancang khusus untuk desktop dengan selisih hanya sekian persen saja secara keseluruhan.

Lebih Kuat dan Efisien

Prosesor Intel N100 yang telah diluncurkan sedari kuartal pertama tahun 2023 ini ternyata disematkan efficiency core alias E-Core yang diperkenalkan sedari peluncuran Intel Generasi Ke-12 alias Alder Lake.

Jumlah core dan thread akan meningkat dua kali lipat

Prosesor yang rencananya juga akan dibuat versi desktop-nya oleh suatu brand ini juga dikatakan mendukung tiga jenis memori, di antaranya DDR4, DDR5, dan LPDDR5. Artinya, prosesor teranyar dari kubu biru ini tampaknya memang menyasar fleksibilitas dan pemakaian secara kasual untuk temani keseharian.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah kalian tertarik untuk memilikinya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version