10 Rekomendasi Prosesor Intel Terbaik dan Prosesor AMD Terbaik di Tahun 2023

Prosesor Intel Terbaik

Mencari rekomendasi Prosesor Intel Terbaik, atau Prosesor AMD Terbaik di tahun 2023 ini tampaknya makin mudah saja untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan makin banyaknya alternatif yang menawarkan kemampuan komputasi di atas rata-rata dengan banderol relatif oke.

Mulai dari Intel Generasi Ke-13, sampai AMD Ryzen 7000 Series, menawarkan alternatif dan kekuatan komputasi menarik untuk dimiliki generasi zaman now, entah untuk produktivitas atau gaming.

Nah, kali ini kami akan coba memberikan rekomendasi Prosesor Intel Terbaik berikut apa-apa saja Prosesor AMD Terbaik untuk menunjang aktivitas komputasi kalian. Penasaran ‘kan? Yuk, check it brott!

Disclaimer:

Harus dicatat bahwa semua rekomendasi pada list ini benar-benar murni bersifat personal. Selain itu komponen ini akan diurutkan berdasarkan value, dan dihimpun dari satu marketplace di tanah air.

Rekomendasi Prosesor Intel Terbaik Bulan Ini

Reputasi dari kubu biru tampak masih solid, terlebih saat ini di mana Intel Generasi Ke-13 telah diluncurkan untuk hadirkan kemampuan komputasi di atas rata-rata, setidaknya menurut para reviewer.

1. Intel G7400 (IDR 975.000)

Salah satu Prosesor Intel Termurah di awal tahun ini di antaranya Intel G7400 yang menyasar entry-level. Dibekali 2 core dan 4 thread, prosesor LGA1700 ini biasanya direkomendasikan untuk mereka yang akan lakukan upgrade di kemudian hari.

Rekomendasi prosesor entry-level yang cukup baru

Kehadiran integrated pada prosesor entry-level ini tentunya akan membantu mereka yang akan menambahkan VGA di kemudian hari. Yah, ini bisa dikatakan salah satu prosesor di saat dana kepepet sih, brott.

2. Intel Core i3-10105F (IDR 1.100.000)

Rekomendasi Prosesor Intel Terbaik di urutan berikutnya adalah Intel Core i3-10105F. Meski sama-sama sasar entry-level, bedanya prosesor satu ini akan membutuhkan VGA tambahan untuk bisa menampilkan visual.

Masih cukup populer untuk komputasi harian

Kehadiran 4 core dan 8 thread tersebut tentunya akan bermanfaat untuk para pemula yang membutuhkan kemampuan komputasi yang cukup kompetitif. Meski hanya generasi ke sepuluh, tapi kinerja prosesor ini bisa dikatakan sudah cukup memadai untuk zaman now.

3. Intel Core i5-12400 (IDR 2.380.000)

Rekomendasi Prosesor berikutnya adalah Intel Core i5-12400, yang tentunya cukup ‘aman’ untuk katakannya masih relevan di zaman now. Meski tidak didongkrak hybrid core, tetapi prosesor ini sudah lebih dari cukup untuk menahan VGA mid-end sekelas NVIDIA RTX Series.

Salah satu prosesor murah meriah dari Intel untuk saat ini

Di marketplace, prosesor ini masuk sebagai salah satu prosesor yang terbanyak dipakai untuk komputer rakitan yang cukup affordable. Meski hanya generasi kedua belas, tetapi prosesor ini masih cukup untuk beberapa waktu mendatang.

4. Intel Core i5-13600KF (IDR 5.140.000)

Prosesor Intel Terbaik berikutnya adalah Intel Generasi Ke-13 yang bisa di-overclock, tidak lain dan tidak bukan adalah Intel Core i5-13600KF. Hadirkan 14 core (6P+8E) dan 20 thread, demi memastikan semua kebutuhan komputasimu dapat terpenuhi secara baik tanpa masalah.

Udah kuat untuk kebutuhan apapun?

Untuk konsumsi dayanya sendiri bisa dikatakan cukup masuk akal di kisaran 100-an Watt. Wajar, dikarenakan prosesor ini mendukung kemampuan untuk didongkrak kecepatannya sampai maksimal di 5.10 GHz.

5. Intel Core i9-13900KF (IDR 9.820.000)

Jawara untuk prosesor Intel Generasi Ke-13 di tahun ini adalah Intel Core i9-13900KF. Meski tidak sertakan integrated, tetapi prosesor tersebut bisa kita overclock tanpa masalah. Dibekali 24 core (8P+16E) dan 32 thread, tentunya menjalankan aplikasi dan game apapun takkan jadi masalah untuk prosesor satu ini.

Jawara di kubu biru Intel

Berdasarkan situs resminya, konsumsi daya maksimal dari prosesor ini ada di 250-an Watt. Masih masuk akal untuk sebuah prosesor andal dari Generasi Ke-13 yang tak lama akan digeser oleh Generasi Ke-14, tapi masih cukup lama.

Rekomendasi Prosesor AMD Terbaik Bulan Ini

Kubu merah alias AMD, yang dipimpin oleh Lisa Su tampaknya tak mau kalah dalam berikan inovasi dan memamerkan kemampuan prosesor andalan mereka. Mulai dari Athlon Series sampai Ryzen Series, sasar pasar prosesor secara unik karena kemudahan untuk overclock.

1. AMD Athlon 3000G (IDR 730.000)

Salah satu Prosesor AMD Terbaik dan tentunya termurah di tahun ini tampaknya masih, dan hanya bisa diduduki oleh Athlon 3000G. Meski hanya tawarkan 2 core dan 4 thread, tetapi prosesor ini telah dibekali integrated Radeon Vega 3 yang cukup hemat daya, tapi masih bisa untuk mainkan game sekelas Genshin Impact di 720P.

Primadona untuk gamer kere-hore?

Skenario prosesor ini menyasar mereka yang kebetulan tak mau keluarkan banyak modal untuk dapat memakai komputer. Entah untuk sekadar temani produktivitas, atau memang hanya sebatas menonton film tapi membutuhkan kemudahan dari komputer.

2. AMD Ryzen 3 4100 (IDR 1.070.000)

Kandidat Prosesor AMD Termurah yang dapat kamu coba beli di tahun ini diduduki oleh Ryzen 3 4100. Terlebih bila kamu sudah memiliki VGA ala kadarnya, tentunya kombinasi 4 core dan 8 thread ini sudah lebih dari cukup.

Kehadiran 4 core dan 8 thread yang cukup solid

Di atas kertas, kemampuan dari prosesor ini bisa disamakan dengan Ryzen 5 3400G yang memiliki integrated. Bedanya, prosesor ini jauh lebih affordable, bahkan lebih kuat baik itu di single-core dan multi-core.

3. AMD Ryzen 5 5600G (IDR 1.985.000)

Prosesor AMD Ryzen 5 5600G yang dulunya sempat menyentuh kisaran 6 Juta Rupiah ini ternyata sukses curi hati gamer kere-hore. Di mana banderol dari prosesor yang menawarkan 6 core dan 12 thread ini bahkan sudah di bawah 2 Juta Rupiah.

Andalan untuk mereka yang memiliki budget lebih

Dibekali integrated Radeon Vega 7, kemampuan olah visual prosesor ini bisa dikatakan cukup menarik. Kebetulan penulis memakai prosesor ini dan masih bisa diajak untuk jalankan Genshin Impact cukup stabil di 1080P (idealnya 900P), dan Apex Legends di 900P.

4. AMD Ryzen 7 5700X (IDR 3.015.000)

Kalau kamu mencari Prosesor AMD Termurah yang cukup kuat untuk beberapa waktu ke depan, pilihannya ada AMD Ryzen 7 5700X. Prosesor 8 core dan 16 thread ini menurut kami sudah cukup memadai untuk menjalankan bermacam game dan aplikasi secara bersamaan.

Boleh jadi alternatif yang cukup solid

Ditambah banderolnya yang saat ini sudah murah, tentu saja prosesor kubu merah ini worth untuk dimiliki khususnya mereka yang mencari prosesor yang tawarkan kemampuan menarik di kisaran 3 Juta Rupiah.

5. AMD Ryzen 9 7900X (IDR 8.180.000)

Sebenarnya, kami tak terlalu rekomendasikan prosesor AMD socket terbaru AM5 ini. Selain banderolnya relatif mahal, di atas kertas kemampuannya pun tak terlalu menarik dan tawarkan selisih masif.

Jawara kubu merah dengan platform AM5-nya

Meski demikian, 7900X masih bisa dikatakan salah satu Prosesor Terbaik di kelasnya. Diisi 12 core dan 24 thread, tentunya ini boleh jadi alternatif untukmu yang lebih sreg dengan prosesor si merah.

Bonus: Rekomendasi Prosesor Terbaik di Tahun Ini Makin Banyak

Dari daftar Prosesor Terbaik di atas, kira-kira mana yang akan brott pilih atau rekomendasikan ke teman-teman yang tertarik untuk Rakit PC Gaming? Penulis yakin brott semua memiliki referensi tersendiri, ‘kan?

Meski demikian, saran dari penulis ialah untuk kembali sesuaikannya dengan relevansi zaman. Memilih antara Prosesor Intel Terbaik, atau Prosesor AMD Terbaik tentunya akan butuh waktu lebih, karena speknya pun tak terpaut jauh.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version