Prosesor Murah dari Intel Ini Pamerkan Kekuatannya

Intel Alder Lake 12100f

Berdasarkan benchmark, Generasi Ke-12 dari kubu biru Intel, benar-benar menawarkan kekuatan, membuat khalayak yakin bahwa mereka benar-benar berhasil lakukan comeback. Tak melulu hanya prosesor high-end, namun kami mendapati sebuah informasi bahwa prosesor murah dari Intel ini ternyata bisa pamerkan kekuatannya.

Intel: Inilah Prosesor Kuat dan Cepat

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, khususnya komputer, tak bisa kita pungkiri bahwa kekuatan dari prosesor quad-core sudah mulai kurang diminati. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya orang yang memakai komputer tak hanya sekedar untuk memainkan games, namun lakukan content creation.

Sayangnya, alternatif prosesor kuat namun terjangkau benar-benar masih bisa dihitung dengan jari, membuat orang-orang kebingungan ketika memilih prosesor.

Intel, selaku pemain lama yang bermain di dunia bisnis komputer, tentu memahami hal tersebut. Oleh karenanya, mereka tawarkan prosesor entry-level bernama Intel Core i3-12100F.

Meski ‘hanya’ memiliki 4 cores dan 8 threads, ternyata Intel tak main-main dan benar serius menambah performa prosesor Alder Lake mereka. Tentu hal ini berdasarkan data yang diberikan oleh overclocker tanah air, Alva Jonathan, yang mungkin lebih kalian kenal dengan LUCKY_NOOB.

Alva telah melakukan benchmark pada prosesor entry-level tersebut dan berhasil mengamankan posisi kedua pada situs HWBOT. Untuk mencapai posisi tersebut, ia benar-benar hanya menjalankan prosesor tersebut pada kondisi default berikut dengan cooler yang dipakai.

Sumber: HWBOT

Pada benchmark bernama Y-Cruncher (PI-1B), prosesor Intel Alder Lake yang ‘hanya’ i3-12100F ini pamerkan kekuatannya. Prosesor ini pun bisa taklukkan kompetitornya, AMD Ryzen 3 5300G yang telah dipacu sampai 5.6GHz dan manfaatkan liquid nitrogen (LN2).

Meski hanya terpaut sekitar 4% dari saudaranya i3-12100 yang gunakan water cooler, prosesor ini lebih cepat ketimbang 5300G sekitar 18%. Tentu ini merupakan sebuah produk yang benar-benar kuat sesuai kenyataan di lapangan.

Melihat kekuatan prosesor entry-level ini, tak heran bila i3-12100F dinobatkan sebagai prosesor quad-core terbaik, setidaknya untuk saat ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version