Proteksi Denuvo NieR: Automata dan Sniper Ghost Warrior 3 Dibobol oleh “Baldman”

denuvo baldman

Pembajakan bukanlah masalah sepele lagi untuk PC gaming. Keberadaan Denuvo adalah sebagai solusi untuk developer dan publisher untuk dapat mencegah produk mereka sulit dibajak. Jumlah developer dan publisher yang ingin game mereka disuntikkan Denuvo juga semakin lama semakin bertambah karena terbuktinya proteksi Anti-tamper Denuvo untuk mencegah game mereka dibajak dalam waktu cepat. Game pastinya akan dibajak, tetapi menahan selama mungkin dari hal tersebut terjadi diharapkan studio game dapat meningkatkan jumlah penjualan game mereka di PC.

Dengan semakin tangguhnya proteksi Denuvo di tiap versi barunya, hanya tersisa satu grup cracker yang berusaha untuk membobol proteksi mereka yaitu grup cracker asal Italia – CPY. Pada V4 kali ini, CPY sendiri tampaknya kerepotan dan baru bisa membobol Mass Effect Andromeda dan game Indie 2Dark saja. Di tengah kesulitan membobol game-game populer seperti Dead Rising 4 dan NieR: Automata, CPY tampaknya dapat bantuan tersendiri dari cracker yang memanggil dirinya sebagai Baldman.

Tak ada angin tak ada hujan, komunitas game bajakan tiba-tiba dikejutkan dengan kehadiran 2 game terbobol oleh Baldman ini yaitu Sniper Ghost Warrior 3 dan NieR: Automata.

Tak seperti crack milik CPY, crack dari Baldman ini lebih seperti perpaduan antara bypass yang pernah dilakukan oleh Voksi beberapa bulan kemarin dan Smart Steam Emulator. Tetapi yang membedakannya adalah crack dari Baldman bisa dijalankan secara offline dan tak memerlukan step-step repot di Steam.

Baldman sebut Denuvo V4 bisa dibobol dalam hitungan jam dengan caranya, namun tentu saja dia tak mau menyebarkan bagaimana agar tidak ketahuan oleh Denuvo. Namun dari spekulasi banyak komentar di cs.rin.ru dan r/Crackwatch, Baldman gunakkan “dumps” yang merupakan data dan informasi dari kumpulan pengguna legal dari game ini.

Jika benar crack dari Baldman ini menggunakkan cara tersebut, seluruh game Denuvo V4 mungkin bisa-bisa saja akan dibobol massal oleh cracker ini, tetapi Denuvo juga bisa urus trik dari Baldman ini lewat patch untuk versi selanjutnya.

Apakah Baldman ini dapat menjadi CPY yang kedua, atau hanya akan jadi one-hit wonder semata seperti Voksi? Kita tunggu saja nanti.

Exit mobile version