Prototype Langka Nintendo Playstation Dilelang, Kini Ditawar 4 Miliar Rupiah

01 Nintendo Play Station Prototype Sony and Nintendo c. 1990s

Sebelum menjadi console independen, Playstation sempat dikerjakan sebagai console penerus Super Nintendo. Namun karena tawaran kerja sama yang justru merugikan pihak Sony, mereka memutuskan untuk membuat console sendiri dan saingi Nintendo. Sisa dari cerita tersebut mungkin telah kamu ketahui.

Sebelum membatalkan kontrak, prototype dari Nintendo Playstation sempat dikerjakan dan kini menjadi artifak super langka yang diincar para kolektor. Prototype sempat diproduksi sebanyak 200 unit, tetapi kebanyakan diantaranya telah rusak ataupun hilang. Kini salah satu yang masih terselamatkan berada di tangan seorang dan anaknya Terry dan Dan Diebold.

Protoype tersebut miliki disc drive serta cartridge slot yang dikhususkan untuk bermain game Super Famicom (versi jepang dari SNES). Controller dari console terlihat sama seperti yang ada di SNES, tetapi miliki logo Sony Playstation ditengah controller.

Prototype bersejarah tersebut saat ini dijual secara lelang oleh Heritate Auctions. Dengan tawaran pembuka sebesar $31,000 atau sekitar Rp425 juta, kini console ditawar seharga $310,000 atau sekitar Rp4.2 milliar pada saat artikel ini ditulis.

Lelang akan berakhir dalam 21 hari, maka bisa dipastikan tawaran akan terus naik atau bahkan menyentuh harga 6 digit. Kita lihat saja nanti ketika masa lelang berakhir.


Baca pula informasi lain terkait Nintendo dan Playstation beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Exit mobile version