PS Plus dan PS Now Resmi Digabung, Hadirkan 400+ Katalog Game PS1 Hingga PS5

Ps Plus Dan Ps Now Resmi Digabung

Ps Plus Dan Ps Now Resmi Digabung

Belakangan ini, rumor mengenai keberadaan Game Pass versi PlayStation memang sedang ramai dibicarakan. Terlebih dengan semakin populernya layanan gaming dengan sistem membership seperti Xbox Game Pass, EA Play, Ubisoft+ dan sebagainya. Kini, rumor akhirnya terpecahkan lantaran Sony baru saja mengumumkan bahwa PS Plus dan PS Now resmi digabung.

Penggabungan kedua layanan tersebut diartikan bahwa pengguna yang berlangganan PS Plus kini dapat sekaligus menikmati katalog-katalog game yang ada di PlayStation Now (sesuai syarat tertentu). Tak hanya itu, sejumlah koleksi game tersebut juga datang dari generasi PlayStation sebelumnya mulai dari PS1 hingga PS5.

Pengumuman ini sepertinya merupakan jawaban Sony untuk bersaing dengan Xbox Game Pass, layanan gaming yang serupa milik Microsoft. Projek yang sebelumnya sempat dijuluki dengan nama Spartacus ini nantinya akan memiliki tiga tingkat/tier yang berbeda. Harga yang disajikan juga beragam, mulai dari harga termurah hingga yang paling mahal sesuai dengan kelengkapan fitur yang disediakan.

PS Plus dan PS Now Resmi Digabung Melalui Tingkat Essential, Extra dan Premium (Deluxe)

PS Plus dan PS Now resmi digabung

Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, hadirnya layanan memiliki tiga tingkatan atau tier yang masing-masing memiliki keuntungan tersendiri. Tiga tier yang dimaksud yakni Essential, Extra dan Premium (Deluxe). Harganya pun juga beragam mulai dari yang termurah dengan fitur terbatas hingga yang paling mahal dengan fitur paling lengkap. Kehadiran fitur PS Plus terbaru ini rencananya akan diluncurkan mulai bulan Juni mendatang.

PlayStation Plus Essential

PlayStation Plus Extra

PlayStation Plus Premium (Deluxe)

*Fitur cloud streaming hanya dapat diakses di beberapa wilayah tertentu (saat ini di Indonesia belum ada). Wilayah yang belum memiliki fitur cloud streaming akan mendapatkan PlayStation Plus Deluxe, dimana memiliki keuntungan yang sama dengan tingkat Premium namun tanpa fitur cloud streaming. Harga PS Plus Deluxe akan lebih murah dari Premium.

Melalui list diatas, dapat dilihat bahwa harga merupakan konversi dari ringgit Malaysia (konversi terdekat ke rupiah). Saat ini, harga resmi dalam mata uang rupiah belum dikonfirmasi secara resmi. Namun Sony menyatakan bahwa harga region Asia yang belum disebutkan nantinya akan menyesuaikan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Katalog game yang disediakan nantinya akan terdiri dari berbagai game-game AAA terpopuler seperti Death Stranding, God of War, Marvel’s Spider-Man, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Mortal Kombat 11, dan Returnal. Katalog game tersebut juga dikonfirmasi akan terus bertambah seiring waktu yang datang dari berbagai developer third-party.

Sayangnya, Jim Ryan selaku CEO Sony Interactive Entertainment menyatakan bahwa game first-party yang baru dirilis tidak akan masuk secara langsung ke dalam katalog game. Melalui wawacaranya dengan gamesindustry.biz, menurutnya hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas game, sehingga game seperti God of War Ragnarok tidak akan menjadi bagian dari PS Plus saat perilisannya nanti. Hal ini tentunya berbeda dengan Xbox Game Pass, yang biasanya langsung memasukan game-game terbaru kedalam katalog game tepat saat game tersebut dirilis.

Apakah PS Plus Terbaru Dapat Bersaing dengan Xbox Game Pass?

PS Plus vs. Xbox Game Pass

Dengan PS Plus dan PS Now resmi digabung, tentu yang dipikirkan oleh para gamer adalah apakah layanan tersebut mampu bersaing dengan Game Pass milik Microsoft yang saat ini memang lebih populer. Dilihat dari harga, layanan PS Plus terbaru ini memang relatif lebih mahal dari Game Pass, bahkan katalog game juga lebih sedikit dan terbatas. Sehingga, persaingan antar keduanya sepertinya masih diragukan untuk saat ini.

Terlebih Mirosoft baru saja meluncurkan PC Game Pass di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, harganya pun juga sangat amat murah, yakni hanya Rp 1,500 di bulan pertama (Rp 50,000 di bulan berikutnya). Katalog gamenya pun juga lebih beragam dan sudah termasuk layanan EA Play yang menyajikan berbagai koleksi game ternama dari publisher Electronic Arts.

Terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangannya. Mudah-mudahan saja, rilisnya layanan PS Plus terbaru ini mampu meraih kesuksesan dan diharapkan untuk terus ditingkatkan untuk kedepannya.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Playstation serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version