PS4 Fat Masih Layak Dibeli di Tahun 2022? Beginilah Penjelasan Lengkapnya!

ps4 fat

Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang bingung konsol PlayStation mana yang masih kayak untuk dibeli? Memang, Sony sudah merilis konsol generasi baru PS5 pada akhir tahun 2020. Tapi apakah konsol generasi sebelumnya PlayStation 4 dan varian-variannya seperti PS4 Fat, PS4 Slim dan PS4 Pro itu langsung tidak worth it untuk dibeli?

PS4 Fat Masih Layak Dibeli di Tahun 2022?

Main bareng di PlayStation 4

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan pendapat pribadi seputar PS4 Fat apakah masih layak dibeli tahun 2022 ini atau tidak? Tulisan ini dibuat berdasarkan pendapat pribadi penulis secara netral dan tidak memaksa kalian harus membeli varian PlayStation paling lama ataupun varian paling barunya. Setiap orang memiliki pendapat dan juga kondisi budget mereka masing-masing.

Baiklah kita mulai saja pembahasannya!

PS4 Fat Apakah Tidak Terlalu Jadul?

PlayStation 4 fat

Membahas layak atau tidak layaknya sebuah konsol itu membutuhkan beberapa faktor seperti budget, library game yang dimainkan dan hardware terutama untuk konsol last gen. Konsol PS4 Fat rilis tahun 2013 disusul varian Slim dan Pro tahun 2016. Yang berarti sudah terhitung sembilan tahun sejak pertama kali beredar di pasaran.

Mendengar sembilan tahun mungkin buat kalian berpikir konsol PlayStation 4 sudah masuk kategori berumur dan biasanya tidak direkomendasi lagi. Namun melihat sampai saat ini masih ada game yang rilis versi PlayStation 4 membuat kita bertanya, apakah konsol ini masih worth it?

Perbedaan PS4 Fat, PS4 Slim dan PS4 Pro

PlayStation 4 Fat, Slim, dan Pro

Selain perbedaan ukuran, secara teknis varian fat dan Slim tidak begitu berbeda dalam urusan spesifikasi hardware. Kedua varian ini masih memakai custom chip dari AMD dengan codename Jaguar ber-inti 8 dengan RAM 8GB GDDR5. Arsitektur untuk PlayStation 4 Pro juga sama menggunakan AMD Jaguar hanya saja menggunakan clock speed lebih tinggi 2,1Ghz dibanding PS4 Non-Pro di 1,6Ghz.

Namun dari segi grafis mengalami peningkatan yang lumayan dengan boost dari 800Mhz ke 911Mhz. Varian Pro juga menyertakan Wi-Fi AC dan Bluetooth v4.0 dari sebelumnya masih v2.1.

Library Games yang Banyak

List game PlayStation 4

Sembilan tahun adalah perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah konsol. Bagi kalian yang sebelumnya belum pernah memiliki PlayStation 4 tentu akan dimanjakan dengan ribuan game dengan beragam genre mulai dari action, shooter, JRPG hingga racing

Jadi bagi yang memang memiliki backlog game-game yang ingin dimainkan dan tidak tersedia di konsol current gen. Membeli konsol generasi sebelumnya di tahun 2022 masih bisa dipertimbangkan. Meski Sony akhir-akhir ini gencar melakukan porting game mereka ke PC yang membuat status eksklusif untuk konsol PlayStation menjadi berkurang.

Hal yang tidak akan menjadi masalah bila kalian memang menginginkan murni pengalaman bermain di konsol atau tidak punya PC yang mumpuni. Namun jika masih ragu, masih ada poin-poin setelah ini.

Kondisi Budget yang Dimiliki

Ada uang ada barang

Untuk membeli PlayStation 4, kalian harus merogoh kantong yang diperkirakan sekitar Rp 3 jutaan untuk seri Fat, Rp 3,5 jutaan untuk varian Slim dan Rp 4,5 jutaan untuk PlayStation 4 Pro.

Sementara itu untuk konsol PlayStation 5 memiliki harga yang jauh dari konsol generasi sebelumnya. PS5 diskless alias digital dimulai dari Rp 8,5 jutaan dan versi Blu-ray disk dimulai dari Rp 10 jutaan.

Harga yang terpaut lumayan jauh ini menjadi pertimbangan besar sebelum kalian berkomitmen membeli. Apalagi melihat jajaran game yang masih banyak memunculkan versi PlayStation 4. Mungkin hanya masalah visual seperti kenyamanan bermain di PS5 yang lebih memanjakan mata.

Hardware yang Dimiliki

Board PlayStation 4

Berdasarkan spesifikasinya, PlayStation 4 tidak termasuk mesin gaming yang paling ngebut di zamannya. XBOX One punya hardware yang lebih kencang di antara konsol yang satu generasi dengan konsol milik Sony ini. Bukan berarti PlayStation 4 tidak mampu memainkan game-game baru. Hanya saja kalian akan terhambat oleh hardware yang ketinggalan jauh bila dibandingkan dengan konsol generasi terbaru. 

Poin plus dari PS4 Fat adalah masih adanya dukungan dari Sony selaku pembuat konsol dan masih mendapatkan update firmware sampai saat ini. Terhitung sampai artikel ini ditulis, PlayStation 4 secara keseluruhan berada di versi 10.01 dan sepertinya masih akan terus diperhatikan oleh raksasa game dari jepang tersebut.

Baterai DualShock 4

DualShock 4

Secara garis besar, DualShock 4 itu sama-sama saja dari awal perilisan PS4 Fat sampai Pro sekalipun. Paling yang menjadi kekhawatiran utama adalah DualShock 4 yang sepaket dengan pembelian PS4 Fat mungkin akan mengalami degradasi performa baterai dikarenakan umur yang terlampau tua. Saran penulis sih tanya dulu ke penjualnya kondisi DualShock bila membeli dalam keadaan bekas.

Apakah Game-game Baru Masih Nyaman?

Ghost of Tsushima PlayStation 4

Perbedaan mendasar antara gaming pada PC dan konsol adalah kita tidak perlu pusing memikirkan apakah game yang ingin dimainkan itu bisa jalan atau tidak. Game pada konsol itu biasanya memang diciptakan untuk bisa berjalan pada spesifikasi konsol itu sendiri. Sehingga tidak ada istilah game di list PlayStation Store tidak bisa dijalankan.

Sedangkan untuk PC gaming memiliki diversitas platform yang luas dan beragam spesifikasi hardware mulai dari CPU dual core, quad core, ram ukuran berapa, kartu grafis dan sebagainya.

Jadi kalau ditanya PS4 Fat apakah masih mumpuni? Jawabannya tentu saja masih sangat mumpuni dan nyaman untuk dimainkan.

Kesimpulan: PS4 Masih Worth Dibeli!

PS4 Fat

PS4 Fat sebenarnya sangat worth dibeli dengan list game yang cukup banyak dan harga di pasaran yang sudah mulai turun sedikit demi sedikit. Selama kalian tidak mempermasalahkan dengan beberapa poin yang sudah dijelaskan sebelumnya, konsol ini masih layak kalian beli. Terutama bagi kalian yang tidak pernah memiliki PS4 dan tertarik dengan harga PS4 fat yang sudah relatif murah. Sisanya tinggal riset marketplace dan tabung duitnya kalian, ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version