PS4 Takkan Lagi Mendapat Game First Party di 2025?

Game First Party

PS5 telah ada selama kurang lebih satu setengah tahun dan konsol generasi terbaru itu terus laris manis di pasaran. Meski Sony kini memiliki konsol baru untuk “dimanjakan”, mereka tidak serta merta melupakan konsol mereka sebelumnya yaitu PS4. Hingga kini, PS4 masih terus mendapatkan game-game baru terutama game first party, bersama dengan PS5. Namun, laporan terbaru memberi sinyal mengenai kapan mereka akan mulai “mengabaikan” PS4.

Sony Baru Saja Mengadakan Presentasi Yang Membahas Perkembangan Game First Party Mereka

Sony tak lama ini melakukan presentasi terhadap investor dengan fokus terhadap perbandingan perkembangan antara PS4 dan PS5. Dalam tabel berjudul “Evolving Shape of First-Party Portfolio”, Sony membandingkan dukungan game first party untuk beberapa platform seperti PS5, PS4, PC dan mobile dalam tiga tahun berbeda yaitu 2019, 2022 dan 2025.

PS4 Takkan Lagi Mendapat Game First Party di 2025? 3

2019 menunjukkan jika 90% game first party pada tahun itu dirilis di PS4, sementara 10% sisanya di PC. Selanjutnya adalah 2022 yang menunjukkan perilisan sebanyak 35% di PS5, 35% di PS5 + PS4, 20% di PC dan 10% di mobile. 2025 jadi yang paling menarik di mana tidak ada PS4, dengan 50% game di tahun tersebut akan dirilis di PS5, 30% di PC dan 20% di mobile.

Jika dilihat dari tabel tersebut, sangat jelas jika Sony berencana untuk tidak merilis game first party di PS4 pada 2025. Namun, mengingat tabel tersebut tidak memberikan informasi di 2024, maka ada kemungkinan jika dihentikannya dukungan tersebut, dapat terjadi sebelum 2025.

Sony Berencana untuk Meningkatkan Investasi di PlayStation Studios

PS4 Takkan Lagi Mendapat Game First Party di 2025? 4

Meski PS4 tak akan lagi mendapatkan game first party, hal tersebut tidak serta merta membuat Sony mengurangi investasi mereka untuk pengembangan game first party. Tabel pada bagian terpisah bahkan menampilkan rencana Sony untuk meningkatkan investasi di PlayStation Studios secara drastis. Tidak hanya sekedar meningkatkan investasi pada IP yang telah ada, tapi juga pada IP baru hingga dua atau tiga kali lipat.

Sumber: IGN


Baca juga informasi menarik lainnya terkait PS4 atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version