PS4 VS Xbox One, Manakah yang Lebih Layak Untuk Dilirik?


Follow Us

Console memang jadi alternatif utama bagi para gamer untuk menikmati game tanpa bersusah payah meracik PC dengan spesifikasi yang mempuni. Tentunya dalam menentukan sebuah home console, gamer dihadapkan 2 pilihan yang pasti, yakni Sony dengan PlayStation 4 & Microsoft dengan Xbox One.

Nulis artikel dibayar

Kedua perusahaan raksasa ini memang jadi rival abadi dalam industri gaming console bahkan sebelum era current gen sekarang. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan & kekurangannya masing-masing, bila disandingkan, manakah console yang lebih pantas dilirik? PlayStation 4 atau Xbox One? berikut pembahasannya.

Spesifikasi & Performa

Berbicara mengenai spesifikasi, sudah jelas bahwa Xbox One memiliki spesifikasi serta performa yang lebih unggul dari PS4. Motonya sebagai “The World’s Most Powerful Console” memang benar terbukti adanya, namun walaupun begitu, PS4 juga tetap mampu tambil gahar dalam menjalankan berbagai game.

Berikut ini perbandingan spesifikasi antara Xbox One X & PlayStation 4 Pro:

CPU Eight custom x86 cores clocked at 2.3GHz 2.1GHz 8-core AMD custom “Jaguar” CPU
GPU Integrated AMD graphics with 6 teraflops of performance Integrated AMD Polaris graphics with 4.2 teraflops of performance
RAM 12GB GDDR5 8GB GDDR5
Storage 1TB 1TB
Dimensions 11.8 x 9.4 x 2.4 inches, the 12.8 x 11.6 x 2.1 inches
Weight 8.4 pounds 7.2 pounds
Color Black Black
Optical Drive 4K/HDR Blu-ray drive Blu-ray/DVD
4K Support Yes Yes
HDR Support Yes Yes

Harga

Salah satu alasan mengapa PlayStation 4 sangat laku keras di pasaran adalah karena harganya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Xbox One. PS4 Slim saat ini ada dikisaran harga 4,4 hingga 5,2 juta rupiah, versi Pro di harga 6,4 hingga 6,9 juta rupiah, sementara Xbox One S dibanderol di harga 4,9 hingga 5,5 dan versi Xbox One X di harga 7 hingga 8 juta rupiah. Namun kabar baiknya, kini harga Xbox One perlahan mulai menurun di Indonesia dan terasa semakin terjangkau.

BACA JUGA  From Software Jelaskan Mengapa Sekiro: Shadows Die Twice Tidak Miliki Multiplayer

Menyambung pada point sebelumnya, tampaknya memang cukup adil bila Microsoft mematok harga yang lebih tinggi untuk Xbox One. Mengingat spesifikasi & performa yang ditawarkan oleh Xbox One lebih unggul dari PS4, cukup adil juga rasanya bila kedua point ini kami berikan skor yang balance.

Design

Hasil gambar untuk playstation 4 slim xbox one s

Berbicara soal desain, keduanya memang terlihat sangat elegan, namun dengan tampilan minimalis & solid yang dimiliki oleh PS4, tampaknya Sony sedikit lebih unggul melalui body console varian PS4 mereka. Varian console edisi khusus yang disediakan oleh PS4 juga jauh lebih beragam dan lebih menarik, contohnya seperti Days of Play Edition & Marvel’s Spider-Man Edition yang baru rilis di tahun lalu. Beberapa saat lagi Sony & Square Enix juga akan kembali meluncurkan sebuah PS4 Pro bertemakan Kingdom Hearts 3 yang terlihat menawan.

Namun bila berbicara mengenai controller, tampaknya Xbox One yang lebih unggul, selain memiliki tampilan yang lebih “kokoh”. melalui genggaman, controller Xbox One terasa lebih nyaman digenggam dengan ukurannya yang pas, deretan button yang disediakan juga terasa sangat pas & akurat pada jari.

Hasil gambar untuk xbox one x limited edition

Entertainment System

Mengikuti perkembangan zaman, console tak hanya dijadikan sebuah perangkat yang hanya sebatas mampu memainkan game saja. Namun juga sebagai media hiburan lain, tampaknya baik PS4 maupun Xbox One cukup serius dalam menggarap hal yang satu ini. keduanya sama-sama memiliki deretan aplikasi hiburan yang dapat dinikmati, seperti Netflix, YouTube, atau Spotify misalnya.

BACA JUGA  Ubisoft Minta Maaf DLC Assassin's Creed Odyssey Tak Tawarkan Hubungan Sesama Jenis

Hasil gambar untuk playstation 4 apps

Namun bila ditilik lebih jauh, tampaknya dalam segi ini Xbox One hadir dengan kualitas yang jauh lebih baik, mereka szelain menyediakan deretan aplikasi yang lebih lengkap. Xbox One juga memiliki tampilan user interface yang lebih tertata & elegan, fitur chat dengan avatar khusus yang mereka hadirkan juga memberikan kesan yang lebih menyenangkan dalam berinteraksi dengan orang lain, berbeda dengan PS4 yang dibuat sangat minimalis & simple.

Hasil gambar untuk xbox one avatar

Online Membership

Hasil gambar untuk PS plus

Pada era saat ini, layanan online memang jadi faktor terpenting untuk menikmati konten secara optimal dalam console current gen. PS4 memiliki PS Plus sebagai layanan online membership mereka, yang menawarkan game gratis tiap bulan serta diskon eksklusif. Sementara Xbox One Hadir dengan Game Pass yang tempaknya menawarkan beragam keunggulan yang lebih menarik.

Hasil gambar untuk xbox one exclusives 2018

Dengan Xbox Game Pass, kalian dapat mengakses backward compability dan memainkan beragam game Xbox 360 yang telah pernah dirilis. Tak hanya itu, layanan Xbox Game Pass juga emmungkinkan kalian dapat memainkan game eksklusif terbaru yang dirilis untuk Xbox One. Sama Seperti PS Plus juga, Xbox Game Pass juga menyediakan diskon eksklusif, hanya saja mereka tak memberikan game bulanan yang dapat diclaim permanent.

Exclusive Games

Hasil gambar untuk playstation 4 exclusive games

Inilah salah satu aspek mayoritas gamer menentukan pilihan console, yaitu melalui game eksklusif yang ditawarkan oleh masing-masing brand. Bila bicara soal game eksklusif, dari segi kualitas & kuantitas PlayStation 4 jauh lebih unggul dibanding Xbox One, ragam game eksklusif yang mereka luncurkan jarang sekali menuai kegagalan.

Di tahun 2018 lalu saja kita dihadirkan dengan beragam game eksklusif PS4 yang sangat memukau, mulai dari God of War, Detroit: Become Human, hingga Marvel’s Spider-Man, yang kesemuanya mampu menuai kesuksesan yang luar biasa. Tak hanya sampai disitu, PS4 masih memiliki segudang line up game yang sangat diantisipasi kedepannya, mulai dari The Last of Us Part 2, Ghost of Tsushima, hingga Death Stranding.

PlayStation 4 dominasi dertan game eksklusif.

Berbeda dengan Xbox One yang terlihat “seret” dengan meracik game eksklusif mereka, game eksklusif yang mereka miliki bisa dikatakan hanya sedikit yang mampu menuai kesuksesan luar biasa. Di tahun lalu saja, 2 game ekslusif Xbox One, seperti Sea of Thieves & State of Decay dapat dikatakan gagal dan menuai ragam kritik negatif. Dan lagi, game eksklusif Xbox One terasa tak sepenuhnya eksklusif, karena turut dirilis juga untuk PC berbasis Windows 10.

BACA JUGA  Demo Resident Evil 2 Remake Dapat Kalian Mainkan Gratis Dalam Beberapa Hari Lagi!
Hasil gambar untuk sea of thieves state of decay 2
State of Decay & Sea of Thieves jadi beberapa game yang tak mampu penuhi ekspetasi.

Namun untungnya, Microsoft mulai sadar dan coba merilis game eksklusif yang terlihat menarik seperti Halo Infinite & Gears of War 5 di masa mendatang. Yang diharapkan dapat mulai bisa mengejar ketertinggalan mereka dalam sisi “game eksklusif”, walaupun tetap saja akan terasa sangat sulit.

Conclusion

Bila dinilai dari segala aspek, PlayStation 4 bisa dikatakan lebih unggul dibanding Xbox One, berbagai hal yang disuntikan Sony kedalam console tersebut terasa lebih matang di banyak sisi. Tetapi tentunya kembali lagi pada pilihan selera & kebutuhan, bagi kalian yang menginginkan harga terjangkau dengan deretan game eksklusif yang “top notch”, maka PS4 adalah jawabannya. Namun bila kalian menginginkan gaming console yang multi fungsi untuk media hiburan & nostalgia, maka Xbox One adalah jawabannya.

Bagaimana menurut kalian sendiri? manakah yang lebih unggul, silahkan tulis di kolom komentar, feel free to discuss.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+