PUBG Mobile Mulai Batasi Waktu Bermain Player Demi Kesehatan

in , ,

PUBG Mobile memang menjadi game yang cukup kontroversial dan ramai digandrungi pemain smartphone terutama di Indonesia. Penuh kontroversi karena belakangan dilaporkan bahwa negara India  melarang warganya (di beberapa daerah) untuk bermain PUBG Mobile karena dianggap memberikan dampak buruk. Untuk menanggulangi hal tersebut nampaknya Tencent selaku pengembang melakukan uji coba sistem baru untuk membatasi penggunanya bermain secara berlebihan.

1. Bagaimana Sistemnya ?

Source: Sportskeeda

Sistem ini pertama kali dilaporkan oleh media India Sportskeeda dan nampaknya masih di uji coba di negara India saja. Nantinya PUBG Mobile akan memunculkan pop up notification yang mengingatkan player sudah bermain selama 6 jam, dan baru dapat bermain kembali pada jam dan tanggal tertentu saja.

Selanjutnya banyak player India yang juga turut melaporkan hal yang serupa, bahwa mereka terkunci dari akun mereka meski dalam durasi yang berbeda-beda dan baru bisa bermain kembali setelah masa cool off mereka berakhir. Uniknya banyak player yang meng-claim bahwa game PUBG Mobile terlebih dahulu menanyakan apakah mereka berumur 18 tahun keatas atau tidak. Mungkin hal tersebutlah yang men-trigger perbedaan durasi permainan tiap player.

2. Tanggapan Resmi PUBG Mobile

Penemuan ini memang memunculkan banyak tanya pada player-player terutama di India karena memang belum ada pengemuman resmi dari pengembang yang secara khusus membahas sistem ini. Namun beberapa waktu yang lalu dilaporkan bahwa Tencent sendiri pernah menghubungi salah satu media di India yaitu news18 mengenai pemblokiran PUBG di India.

PUBG Mobile adalah game. Itu memang dimaksudkan semata-mata sebagai hiburan dan seharusnya dinikmati secara sehat dan bertanggung jawab. Sejalan dengan upaya kami untuk terus mempromosikan pengalaman gaming yang bertanggung jawab, kami berkerja untuk memperkenalkan sistem Gameplay yang sehat di India agar seimbang, bertanggung jawab, serta membatasi waktu bermain untuk anak dibawah umur.”

Meski begitu akun twitter PUBG India nampaknya telah mengkonfirmasi kebenaran sistem ini, dengan meminta maaf bahwa sistem tersebut masih dalam tahap developtment.

Berdasarkan statement Tencent terdahulu sebetulnya dapat disimpulkan bahwa mereka memang berencana untuk memberi batasan waktu bermain kepada player (terutama di India) untuk rentang umur tertentu. Mungkin ini adalah salah satu usaha yang tengah di uji coba di India. Apakah Indonesia akan menemui nasib yang sama ? belum bisa dipastikan. Yang pasti PUBG sendiri berdasarkan undang-undang yang berlaku dapat dikategorikan sebagai salah satu game untuk umur 18 tahun keatas.


Jika kalian ingin membaca tulisan saya yang lain kalian bisa mengaksesnya disini.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person