Publisher 505 Games Tutup 3 Kantor, Ada Apa?

Publisher 505 Games

Publisher 505 Games – Awal tahun 2024 ini dipenuhi dengan berita buruk di Industri Gaming. Dalam beberapa hari ini cukup banyak studio yang melakukan PHK dan penutupan studio yang terjadi di berbagai bagian dunia.

Laporan terbaru mengungkapkan bahwa Publisher 505 Games akan menutup beberapa kantor mereka yang tersebar di beberapa negara. Hal ini tentunya memiliki alasan yang juga serupa dengan studio-studio lainnya.

Alasan Publisher 505 Games Tutup 3 Kantor

Kantor 505 Games

Dilansir dari laporan Gamereactor, dijelaskan bahwa penutupan beberapa kantor ini merupakan bagian dari proses restrukturisasi yang sedang berjalan sejak tahun kemarin di Publisher 505 Games.

Terdapat 3 kantor yang terkena dampak dari penutupan ini yaitu kantor yang berada di Jerman, Spanyol, dan juga Prancis. 3 kantor ini akan ditutup oleh 505 Games karena alasan tersebut.

Dari laporan yang sama, dikabarkan bahwa efek penutupan 3 kantor ini tidak begitu besar dimana kabarnya total pegawai yang terkena dampak akibat penutupan ini hanyalah sekitar 10 orang saja.

Digital Bros sendiri yang merupakan pemilik 505 Games mengumumkan pada November 2023 lalu bahwa mereka akan melepas setidaknya sekitar 30% dari total staff mereka dimana masih belum diketahui angka pastinya untuk pegawai Publisher tersebut.

Pasar Videogame Merupakan Pasar yang Berevolusi

Industri Game Terus Meningkat

Mengenai penutupan 3 kantor ini, 505 Games juga memberikan komentar mengenai penutupan studio ini. Menurut mereka, pasar videogame merupakan pasar yang berevolusi sejak pandemi menjadi lebih selektif terhadap game baru.

Konsumen juga kembali menyentuh IP atau game yang telah memiliki nama dan memainkan game yang sama dalam waktu yang panjang. Tentunya hal tersebut menjadi pertimbangan studio dalam hal restruktur.

“Agar dapat memprioritaskan judul game-game berkualitas tinggi dan yang tetap berdiri, Digital Bros telah mempertimbangkan kembali jumlah proyek dalam pengembangan dan akan melakukan review struktur organisasi secara seksama untuk menyesuaikan dengan lingkungan kompetitif yang berevolusi dalam jangka menengah hingga panjang untuk memastikan efesiensi operasional yang maksimum”, ungkap perusahaan asal Milan tersebut.

Sementara itu, diketahui juga bahwa Remedy Entertainment telah membeli hak cipta dari franchise Control sebesar 17 Juta Euro dari 505 Games. Digital Bros sendiri masih belum memberikan komentar terkait penutupan studio ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version