Publisher Cooking Mama: Cookstar Terancam Dituntut Hukum oleh Pemilik Franchise

in ,

Untuk game dengan premis sederhana seperti Cooking Mama, tidak ada yang berekspektasi jika perilisan seri terbarunya – Cooking Mama: Cookstar – akan mengundang banyak drama dan kontroversi. Game yang seharusnya rilis pada bulan Maret kemarin mendadak ditarik dari eShop dalam waktu hitungan jam. Spekulasi bahwa game dihapus atas alasan blockchain muncul karena ketertarikan publisher pada teknologi tersebut serta banyak pembeli temukan bahwa baterai Switch mendadak terkuras cepat dan tablet juga panas tiap kali jalankan game. Isu tersebut sebenarnya telah dibantah oleh developer, tetapi  gamenya kemungkinan besar tetap takkan dirilis kembali karena masalah legal yang dihadapi.

Office Create, pemilik IP dari Cooking Mama, mengeluarkan pernyataan soal masalah seri terbaru tersebut, Lewat pernyataan yang dirilis lewat website resmi game, kreator sekaligus pemilik IP Cooking Mama itu menjelaskan bahwa Planet Entertainment mendapatkan lisensi membuat Cooking Mama: Cookstar untuk Switch sejak 2018. Office Create sangat mengawasi progres pengembangan game dan dari apa yang mereka lihat, Cookstar gagal memenuhi standar kualitas. Office Create menolak keras hasil yang ditunjukan oleh Planet tetapi mereka membantah untuk memperbaiki kesalahan mereka.

Puncak masalah antara pemilik IP dan publisher mulai terjadi di saat Planet Entertainment ternyata juga telah mempromosikan versi PS4 dari game yang sama di luar sepengetahuan dari Office Create. Tidak memenuhi ekspektasi dan telah melanggar kontrak, Office Create menghentikan kontrak lisensi Cooking Mama dari Planet Entertainment. Tetapi Planet tetap membantah perintah tersebut dan terus promosikan Cookstar dan bahkan merilisnya di eShop tanpa persetujuan Office Create.

Tindakan hukum tengah dalam proses, dan Office Create menyatakan bahwa mereka “sangat menyesali kebingungan dan kekecewaan yang terjadi karena perilaku dari Planet [Entertainment].”

Tak lama setelah pernyataan resmi dari Office Create dirilis, Planet Entertainment keluarkan respon mereka lewat Twitter. Mereka menyebutkan bahwa di luar dari perbedaan kreatif yang terjadi saat pengembangan Cooking Mama: Cookstar, Planet beranggapan bahwa mereka miliki hak untuk publikasi game karena kontrak yang mereka telah setujui.

Dengan game kemungkinan besar takkan dirilis ulang lagi di eShop maupun toko retail, Cooking Mama: Cookstar berpotensi menjadi game langka dan incaran para kolektor dalam waktu dekat.


Baca pula informasi lain terkait Cooking Mama beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.