Qualcomm Kenalkan ControlNet, Aplikasi AI yang Dirancang Khusus untuk Smartphone

Controlnet

Kehadiran kecerdasan buatan alias AI kini sudah mulai merajalela. Tidak mau kehilangan momentum, Qualcomm kini kenalkan ControlNet, aplikasi AI yang dirancang sedemikian rupa dan dirancang secara khusus untuk smartphone. Kira-kira, apa saja sih fungsinya?

Qualcomm ControlNet, AI yang Gak Butuh Koneksi Internet?

Cara kerja dari ControlNet

Dikenalkannya Qualcomm ControlNet oleh salah satu manufaktur chip kenamaan di dunia ini tampaknya akan mengubah ‘meta’ dari chipset pada smartphone. Di mana tidak hanya memiliki kemampuan komputasi memadai, kini chip tersebut dituntut untuk mampu menjalankan aplikasi kecerdasan buatan atau AI secara terintegrasi.

Melalui pengumuman yang terpampang dan dapat kalian baca pada situs resminya di sini, ControlNet dapat digunakan pada smartphone user secara terintegrasi dan tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

Cara kerjanya yang terintegrasi ke dalam smartphone dan tidak membutuhkan koneksi internet tentunya memberikan keuntungan tersendiri. Di mana kecerdasan buatan yang kalian kenal macam Stable Diffusion, Midjourney, dan lain-lainnya, masih saja membutuhkan koneksi internet.

Tidak hanya dapat berjalan tanpa internet, kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Qualcomm ini juga mampu membuat gambar dalam kurang dari 12 detik. Cara kerjanya masih sama, kita cukup masukkan teks dan chipset ini akan langsung membuat gambar berdasarkan teks yang kamu ketikkan.

Dirancang Khusus untuk Smartphone

Qualcomm ControlNet yang baru-baru ini diperkenalkan, memang dirancang khusus untuk dapat berjalan dengan optimal pada smartphone. Menariknya, kecerdasan buatan buatan Qualcomm ini dapat berjalan pada platform Windows, Mac, iOS, dan tentunya Android tanpa mengirim data apapun ke internet.

Hal ini dapat diartikan gambar yang dibuat oleh user tidak akan tersimpan di cloud, didistribusikan ke pihak ketiga, atau berdalih akan disimpan pada sistem terpusat dan dijamin keamanannya.

Untuk menjajal kecerdasan buatan ini, kamu harus memiliki smartphone dengan Digital Signal Processor (DSP) macam Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Gimana, apakah kamu tertarik untuk memilikinya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version