Qualcomm Pamerkan Lini Terbaru dari Snapdragon X Elite untuk Laptop

Qualcomm Pamerkan Snapdragon X Elite 2023

Seakan belum puas dengan Qualcomm Snapdragon X Elite yang baru-baru ini diumumkan, kini raksasa Qualcomm pamerkan lini terbaru dari prosesor anyar yang dirancang khusus untuk PC, khususnya laptop. Dikatakan bahwa kemampuan prosesor tersebut bahkan akan jauh lebih kuat. Benarkah demikian?

Qualcomm Pamerkan Lini Terbaru Prosesor Snapdragon X Elite untuk Laptop

Kehadiran lini terbaru dari X Elite milik Snapdragon

Setelah sebelumnya Qualcomm umumkan prosesor Snapdragon X Elite yang dirancang khusus untuk PC, kini manufaktur tersebut goda lini terbaru dari prosesor tersebut yang kini terbagi menjadi dua versi.

Dua prosesor tersebut tetap memiliki penamaan yang sama, hanya sedikit berbeda secara spesifikasi. Melansir informasi yang dikumpulkan oleh tim PCWatch, Qualcomm Snapdragon X Elite akan mendatangkan dua varian, yaitu 28W untuk versi hemat daya, dan 80W untuk performa terbaik.

Untuk spesifikasi Snapdragon X Elite 28W akan dibekali kecepatan 3.4 – 4.0 GHz dan Snapdragon X Elite 80W tampak sedikit lebih gahar dengan kecepatan 3.8 – 4.3 GHz dengan dukungan maksimal kecepatan memori yang masih sama, yaitu di LPDDR5X 8.533MHz yang tentunya termasuk kencang.

Dihadirkannya dua prosesor terbaru untuk lengkapi lini X Elite dari Qualcomm ini tentunya bisa menjadi kabar baik, karena hal ini membuktikan keseriusan manufaktur tersebut untuk dapat adu kinerja dengan para kompetitor sembari memberikan alternatif lain untuk para konsumen di kemudian hari.

Tidak Kalah Performa dari Prosesor Kompetitor

Bila mengacu pada situs PCWatch, kemampuan dari dua prosesor terbaru yang dipamerkan oleh Qualcomm ini terlihat tidak kalah secara performa dari prosesor milik kompetitor, yang dapat kalian lihat pada gambar di bawah:

28W vs 80W

Dalam pengujian yang dilakukan oleh tim internal Qualcomm, terlihat rerata kemampuan dari prosesor X Elite, khususnya yang gunakan daya 80W bisa mendominasi prosesor milik kompetitor dengan selisih terkecil di kisaran 10%, bahkan bisa menaklukkan chipset Apple M2.

Varian 28W bisa kalahkan Apple M2?

Untuk chipset varian 28W, terlihat tidak terlalu menawarkan banyak lompatan performa, namun tetap saja kemampuan dari prosesor teranyar Qualcomm ini tidak boleh kita remehkan.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah kalian tertarik untuk menjajal kemampuan prosesor ini ketika meluncur nantinya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version