Qualcomm Rilis Chipset 5G Untuk Ponsel Murah, Snapdragon 480

Snapdragon 835 Preview

Salah satu pabrikan semikonduktor terbesar asal Amerika baru-baru ini mengenalkan sebuah Sistem-on-Chip(SoC) 5G murah terbarunya. Chipset tersebut adalah Qualcomm Snapdragon 480.

SoC ini merupakan generasi terbaru dari seri 400 yang telah mendukung konektivitas jaringan 5G yang telah terintegrasi.

Sama seperti seri 400 lainya, Snapdragon 480 nantinya akan digunakan untuk ponsel dengan harga yang terjangkau, sehingga akan memperluas jangkauan 5G dimasa mendatang.

Sebagai chipset generasi terbaru, Snapdragon 480 adalah chipset yang dibuat pada fabrikasi 8 nm dan telah menggunakan modem 5G X5 yang terintegrasi yang mendukung jaringan 5G mmWave, Sub-6 GHz, 5G standalone, 5G non-standalone, FDD, TDD, Dual Spectrum Sharing (DDS), berikut Wi-Fi 6, dan Bluetooth 5.1.

Kemudian, Snapdragon 480 telah dibekali dengan CPU octa-core Kryo 460 berkecepatan 2 GHz. Untuk mengolah grafis, Snapdragon 480 menggunakan (GPU) Adreno 619. Qualcomm mengklaim jika snapdragon 480 memiliki kinerja dua kali lebih kencang dibandingkan Snapdragon 460 pendahulunya.

Beberapa vendor ponsel Android saat ini disebut telah bersedia untuk menggunakan chipset ini untuk ponsel 5G murah mereka dimasa mendatang. Beberapa vendor tersebut diantaranya adalah Xiaomi, Oppo, Vivo, Motorola dan Nokia.

Ponsel yang akan menggunakan chipset ini disebut akan mulai diperkenalkan pada kuartal-1 2021. Dengan dirilisnya Snapdragon 480 bisa dibilang sebagai langkah lanjut dari Qualcomm yang menyebut akan memperluas jangkauan 5G melalui chipset murah, yairu seri 4.

Janji tersebut, diungkapkan lansung oleh presiden dari Qualcomm, Cristiano Amon. Dirinya mengatakan janji tersebut melalui sebuah unggahan di akun media sosial Twitter miliknya.” Saya harap chip 5G ini dapat dijangkau oleh semua orang,” kata Amon ketika itu.

Amon memperkirakan, nantinya harga ponsel yang akan ditenagai oleh chip ini akan dijual dengan harga mulai 125 hingga 250 dollar AS (sekitar Rp 1,8 juta – 3,6 juta) di Amerika Serikat.

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

 

 

Exit mobile version