Qualcomm Snapdragon 865 Akan diproduksi Gunakan Teknologi Samsung EUV?


Follow Us

Snapdragon 865 dikabarkan akan diproduksi menggunakan teknologi Samsung EUV (ultra-violet) seperti halnya proses pembuatanya yang menerapkan 7nm TSMC saat ini, contohnya seperti yang digunakan untuk prosesor Snapdragon 855. Qualcomm menggunakan TSMC untuk produksi chip sebelumnya dikarenakan perusahaan dianggap memiliki skala besar untuk urusan Kemampuan manufaktur 7nm, tetapi sekarang setelah Samsung kembali bermain dengan teknologi superiornya, harusnya bukan suatu masalah lagi, karena sepertinya Samsung sudah sangat fasih dengan hal ini. Tidak hanya akan mempengaruhi efisiensi jalur produksi tetapi juga akan memiliki efek nyata pada kinerja chip baru, proyek ini bisa dibilang Optimis sekaligus Ambisius.

BACA JUGA  Fitur Dark Mode WhatsApp Kemungkinan Sebentar Lagi Rilis
Nulis artikel dibayar

EUV menjanjikan peningkatan kinerja 20 hingga 30% dan antara 30 dan 50% peningkatan konsumsi daya pada prosesor barunya nanti. Angka-angka itu selaras dengan ekspektasi keseluruhan mengenai Snapdragon 865, yang tentunya memiliki tuntutan besar sebagai penerus generasi sebelumnya. Peningkatan ini juga akan menyenggol untuk urusan desain inti CPU generasi terbaru dari Arm: Cortex-A77 ini. Arm A77 menawarkan peningkatan kinerja 20% dibandingkan Cortex-A76, yang merupakan penggerak utama empat core inti dari delapan core jumlah total yang ada pada CPU Snapdragon 855.

BACA JUGA  Smite Blitz Kini Sudah Bisa Dimainkan di Android dan iOS

Sama seperti pendahulunya, inti Cortex-A77 dirancang agar mudah dikombinasikan dengan inti Cortex-A55 yang dapat menangani tugas-tugas yang tidak terlalu membebani (maksa). Tentu saja, Qualcomm akan menempatkan sedikit sentuhan ‘twist’ pada core Cortex dan membuat core Kryo nya sendiri untuk chipset baru. Berarti bahwa Snapdragon 865 CPU kemungkinan akan memiliki komposisi yang sangat mirip dengan Top Dog saat ini: 1 inti Kryo dengan clock lebih tinggi berdasarkan Cortex-A77, 3 core Kryo clock rendah berdasarkan pada desain yang sama dan 4 core Kryo berdasarkan pada Cortex-A55.

BACA JUGA  Google Wajibkan Ponsel Android Tahun 2020 Gunakan Android 10

Sumber: Phonearena


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: abdolefathah@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item