Qualcomm Snapdragon 865 Akan diproduksi Gunakan Teknologi Samsung EUV?

Qualcomm Samsung Logos AH Feb 22 18

Snapdragon 865 dikabarkan akan diproduksi menggunakan teknologi Samsung EUV (ultra-violet) seperti halnya proses pembuatanya yang menerapkan 7nm TSMC saat ini, contohnya seperti yang digunakan untuk prosesor Snapdragon 855. Qualcomm menggunakan TSMC untuk produksi chip sebelumnya dikarenakan perusahaan dianggap memiliki skala besar untuk urusan Kemampuan manufaktur 7nm, tetapi sekarang setelah Samsung kembali bermain dengan teknologi superiornya, harusnya bukan suatu masalah lagi, karena sepertinya Samsung sudah sangat fasih dengan hal ini. Tidak hanya akan mempengaruhi efisiensi jalur produksi tetapi juga akan memiliki efek nyata pada kinerja chip baru, proyek ini bisa dibilang Optimis sekaligus Ambisius.

EUV menjanjikan peningkatan kinerja 20 hingga 30% dan antara 30 dan 50% peningkatan konsumsi daya pada prosesor barunya nanti. Angka-angka itu selaras dengan ekspektasi keseluruhan mengenai Snapdragon 865, yang tentunya memiliki tuntutan besar sebagai penerus generasi sebelumnya. Peningkatan ini juga akan menyenggol untuk urusan desain inti CPU generasi terbaru dari Arm: Cortex-A77 ini. Arm A77 menawarkan peningkatan kinerja 20% dibandingkan Cortex-A76, yang merupakan penggerak utama empat core inti dari delapan core jumlah total yang ada pada CPU Snapdragon 855.

Sama seperti pendahulunya, inti Cortex-A77 dirancang agar mudah dikombinasikan dengan inti Cortex-A55 yang dapat menangani tugas-tugas yang tidak terlalu membebani (maksa). Tentu saja, Qualcomm akan menempatkan sedikit sentuhan ‘twist’ pada core Cortex dan membuat core Kryo nya sendiri untuk chipset baru. Berarti bahwa Snapdragon 865 CPU kemungkinan akan memiliki komposisi yang sangat mirip dengan Top Dog saat ini: 1 inti Kryo dengan clock lebih tinggi berdasarkan Cortex-A77, 3 core Kryo clock rendah berdasarkan pada desain yang sama dan 4 core Kryo berdasarkan pada Cortex-A55.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.


Sumber: Phonearena


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: abdolefathah@gamebrott.com

Exit mobile version