Qualcomm Snapdragon 865 Dirumorkan Akan Rilis Bulan Depan

Snapdargon 865 920x613 e1571006581605

Jika biasanya Qualcomm akan merilis SOC terbarunya setiap akhirtahun, Nampaknya kalini ini mereka akan melakukan hal yang cukup berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Seperti yang kalian tahu jika tahun ini, Qualcomm telah merilis sebuah chipset khusus gaming yaitu seri Snapdragon 855+ pada pertengahan tahun. namun tampaknya tak hanya itu saja, Hal ini pertama kali dibocorkan oleh seorang leaker asal china yang mengatakan bahwa Qualcomm akan segera meluncurkanya pad bulan depan.

Dia menambahkan jika setelah diluncurkanya SoC unggulan dari Huawei dan Apple, nampaknya perusahaan tersebut merasa tertekan, oleh karena itu Qualcomm benar-benar mempertimbangkan untuk mempercepat peluncuran model Snapdragon 865 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh seroang pengguna Weibo, Digital Chat Station dia menginformasikan bahwa Snapdragon 865 nantinya dapat dipamerkan pada November ini. Qualcomm sepertinya terpacu setelah Huawei mengenalkan SoC buatanya yaitu Hisilicon Kirin 990 yang setara dengan Snapdragon 855+, sehingga Qualcomm tertarik untuk mempercepat peluncuran Snapdragon 865 agar tetap terdepan dalam inovasi. Apakah akan berhasil mengalahkan Bionic A13 dari Apple juga? Ini akan menjadi yang pertama, tetapi ada peluang kuat untuk ini terjadi, karena Qualcomm telah mengoptimalkan SoC untuk bersaing dengan CPU laptop dari Intel AMD.

Leaker tersebut juga menyebutkan bahwa Qualcomm sudah bekerja sama dengan Samsung, Oppo, Vivo dan Xiaomi agar mereka bisa memamerkan prototipe awal produk-produk yang menggunakan Snapdragon 865 pada akhir tahun ini, tetapi, seperti biasa, versi komersial kemungkinan besar akan tersedia pada kuartal pertama tahun berikutnya. Yang menarik adalah, untuk bersaing dengan strategi propaganda Huawei di Cina, Qualcomm akan memulai promosi untuk produsen smartphone yang lebih kecil melalui kehadiran media sosial lokalnya.

Sampai saat ini belum jelas bagaimana Snapdragon 865 akan dibuat, mereka hanya mengkonfirmasi bahwa Snapdragon 865 akan diproduksi dengan TSMC 7nm node EUV, dan mereka akan dirilis dalam dua versi, yaitu versi 5G dan versi non 5G, mereka juga akan menggunakan ARM Cortex-A77.

 

Sumber : NotebookChek


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version